5 Negara yang "Ketinggalan" soal Facebook

Kompas.com - 12/06/2012, 18:16 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Facebook masih mendominasi penggunaan situs jejaring sosial di dunia, mengalahkan Twitter dan LinkedIn. Namun, di lima negara tertentu, Facebook bukanlah jawara situs jejaring sosial.

Dalam laporan penelitian bulan Juni 2012 yang dilakukan ahli strategi media sosial Vincenzo Cosenza asal Italia, tercatat bahwa Facebook masih mendominasi penggunaan situs jejaring sosial di 126 negara, dari 137 negara yang diteliti.

Data Vincenzo Cosenza diambil dari lalu lintas data di situs analisis web Alexa dan Google Trends.

Eropa, menurut Vincenzo Cosenza, merupakan benua dengan pengguna Facebook terbanyak, yakni 232 juta pengguna. Selanjutnya ada Amerika Utara dengan 222 juta pengguna dan Asia 219 juta pengguna.

Namun, di lima negara, Facebook bukanlah jejaring sosial terbesar. Situs VKontakte dan Odnoklassniki menjadi jejaring sosial terkuat di negara-negara berbahasa Rusia. QZone dari Tencent menguasai daratan China, Zing di Vietnam, kemudian Cloob yang tampaknya lebih diminati masyarakat Iran, serta Drauglem yang menguasai Latvia.

Berikut adalah peta situs jejaring sosial di dunia:

Peta penggunaan situs jejaring sosial di dunia - Juni 2012

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.