Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Telekomunikasi

XL Sediakan Internet Gratis di 240 Sekolah

Kompas.com - 14/06/2012, 19:10 WIB
Aswin Rizal Harahap

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- PT XL Axiata memberi bantuan internet gratis kepada 240 sekolah tingkat SMP, SMA, dan SMK di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (14/06/2012). Operator seluler XL bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar menggalakkan program Free Wi-Fi dan Sistem Informasi Terpadu di sekolah.

Beberapa sekolah yang mendapat bantuan itu, antara lain, SMA Negeri 2, SMK Negeri 5, SMA Negeri 1, SMK Negeri 8, dan SMP Negeri 6. Menurut General Manajer XL North Region, Awaluddin, pihaknya telah menyalurkan bantuan internet gratis untuk 261 sekolah di Makassar. Langkah itu ditempuh untuk mendekatkan akses internet bagi para guru dan siswa.

Bantuan tersebut dilengkapi dengan sistem aplikasi Sifoster, yakni sistem informasi sekolah terpadu. Program ini berfungsi sebagai sarana interaktif guru dan orangtua siswa. "Dengan program ini orangtua dapat mengontrol kegiatan yang dilakukan anak selama di sekolah, seperti absensi, nilai mata pelajaran, dan pembayaran uang SPP," kata Awaluddin.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menyambut baik upaya XL dalam mengintegrasi dunia pendidikan dengan teknologi. Namun, ia mengimbau agar guru dan orangtua turut mengawasi penggunaan internet di kalangan anak-anak dan remaja.

"Guru dan orangtua wajib membimbing anak-anak agar memanfaatkan hal-hal positif yang ada di dalam internet ketimbang sisi negatifnya," ujar Ilham.

Imbauan itu tidak lepas dari fakta bahwa Makassar merupakan pengakses situs porno tertinggi di Tanah Air. Dari 500.000 pengguna internet, 40 persen di antaranya pernah membuka situs terlarang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com