Pemuda Indonesia Ikut Kembangkan Pinstagram

Kompas.com - 25/06/2012, 14:33 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Menggabungkan dua jejaring sosial dalam satu layanan. Inilah solusi yang ditawarkan Pinstagram, sebuah situs, sekaligus aplikasi untuk melihat gambar-gambar yang dipublikasi di Pinterest dan Instagram.

Usaha rintisan berbasis digital (startup) ini mulanya didirikan oleh Brandon Leonardo dan Pek Pongpaet. Pinstagram kali pertama dirilis dalam versi situs web pada Mei 2012.

Tak lama setelah itu, tepatnya pada pertengahan Mei 2012, seorang pemuda Indonesia yang kuliah dan bekerja di AS ikut bergabung untuk mengembangkan Pinstagram. Dia adalah Aditya Aditama Herlambang.

Sebelumnya, Aditya tidak mengenal Leonardo dan Pongpaet. Kisah Aditya ikut bergabung di Pinstagram cukup unik karena ketiganya punya ide yang sama untuk menggabungkan Pinterest dan Instagram dalam satu layanan.

"Suatu hari saya sedang browsing di App Store (toko aplikasi perangkat mobile Apple) untuk mencari Instagram viewer. Namun, tidak ada aplikasi yang benar-benar bagus UI/UX-nya," kata Aditya ketika diwawancara KompasTekno.

Aditya terinspirasi dengan tata letak waterfall milik Pinterest. Ia pun bersiap untuk menggabungkan konsep Pinterest dan Instagram dalam satu aplikasi untuk tablet iPad. Aplikasi tersebut hendak diberi nama Pinstagram.

Ketika prototipe aplikasi yang dibuat Aditya sudah setengah jadi, tiba-tiba ada sebuah situs baru bernama Pinstagram, yang idenya sama persis seperti yang dipikirkan Aditya. "Jujur pada saat itu saya sempat kaget karena kita memiliki ide yang sama persis, namanya juga sama," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia kemudian menghubungi Leonardo dan Pongpaet. Ketiganya bertemu di sebuah kedai kopi di Palo Alto, California, lalu berbincang mengenai kehidupan startup. "Setelah itu kami merasa cocok, lalu memutuskan untuk join-forces dan mengerjakan Pinstagram bersama-sama. I guess this is how hackers/enterpreneurs meet in the Valley, there's just tons of opportunity," tulis Aditya.

Pria kelahiran Tangerang, 14 Juni 1988 ini, akhirnya resmi bergabung untuk mengembangkan aplikasi Pinstagram di iPad, yang telah dirilis di App Store pada 12 Juni 2012. Pinstagram untuk iPad merupakan strategi mengisi kekosongan layanan aplikasi untuk melihat foto-foto Instagram di iPad.

Kehadiran Pinstagram disambut baik para pencinta Pinterest dan Instagram karena Pinstagram mampu menghadirkan tampilan yang menarik. Pinstagram untuk iPad sendiri mendapat rating 4,5 bintang, dan diberi komentar positif para penggunanya. Setelah dua pekan dirilis, Aditya menambahkan, aplikasi Pinstagram diunduh lebih dari 20.000 pengguna. Hingga berita ini diterbitkan, Pinstagram masuk daftar What's New and Hot dalam kategori Social Networking dan Photo's & Video di App Store kawasan Amerika Serikat.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.