Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Microsoft Surface Perdana Hadir dalam Versi Wi-Fi

Kompas.com - 26/06/2012, 06:36 WIB

KOMPAS.com - Tablet Surface dari Microsoft, dikabarkan akan hadir lebih dulu dalam versi Wi-Fi untuk terkoneksi dengan internet. Microsoft belum menyediakan Surface versi Wi-Fi + koneksi jaringan seluler (3G atau 4G).

Hal ini diungkapkan oleh dua orang sumber yang tak mau disebut namanya, seperti dikutip dari Bloomberg. Juru bicara Microsoft belum bersedia mengomentari masalah ini.

Menurut Ben Bajarin, analis dari perusahaan konsultan teknologi Creative Strategies, langkah membuat Surface versi Wi-Fi akan menekan harga jual. Namun, Bajarin memperingatkan, langkah ini akan mengurangi upaya untuk mempromosikan Surface sebagai tablet yang dapat terkoneksi dengan internet di mana dan dengan cara apapun. 

"Pelanggan yang lebih tertarik untuk bekerja di setiap lokasi, tidak ingin terikat oleh Wi-Fi semata," ujar Bajarin.

Sedangkan menurut analis dari lembaga riset Gartner, Carolina Milanesi, langkah Microsoft ini masih relevan dengan kebutuhan masyarakat. Tak jadi masalah jika Surface pertama akan hadir dalam versi Wi-Fi, karena banyak orang yang memilih tablet Wi-Fi.

Pilihan tersebut biasanya diambil karena versi Wi-Fi harganya lebih murah ketimbang versi Wi-Fi + jaringan seluler. "Model Wi-Fi bukanlah batasan untuk Surface," tambah Milanesi.

Surface, yang telah diumumkan Microsoft pada pekan lalu, rencananya mulai dikapalkan pada akhir tahun 2012. Dengan membuat sistem operasi tablet dan perangkat sendiri, mengubah strategi lama perusahaan yang selama ini berfokus pada perangkat lunak (software) komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com