Mengapa Lumia 900 Tak Bisa 'Upgrade' ke Windows Phone 8?

Kompas.com - 29/06/2012, 06:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft telah mengumumkan keberadaan sistem operasi smartphone terbarunya, Windows Phone 8. Pada kesempatan itu, Microsoft melontarkan sebuah kabar yang kurang menyenangkan untuk pengguna Windows Phone versi 7, termasuk Nokia Lumia tercanggih saat ini, Lumia 900.

Alasannya, smartphone berbasis Windows Phone 7 tak akan diberi opsi upgrade ke Windows Phone 8. Mengapa demikian?

Senior Product Manager Windows Phone dari Microsoft, Greg Sullivan menjelaskan,  ada perbedaan arsitektur yang sangat mendasar antara Windows Phone 7 dan Windows Phone 8.


Sistem operasi Windows Phone 7 menggunakan inti program (kernel) Windows CE. Kernel bertugas mengorganisir jalannya beragam aplikasi agar dapat diakses oleh hardware. Kernel Windows CE juga digunakan untuk mengembangkan Windows Mobile, sistem operasi ponsel Microsoft sebelum Windows Phone 7.

Nah, di Windows Phone 8, Microsoft memutuskan untuk tak lagi menggunakan kernel Windows CE. Windows Phone 8 akhirnya menggunakan kernel Windows NT, sebuah kernel yang juga digunakan di sistem operasi Windows 8 untuk komputer dan tablet.

Inilah sebabnya mengapa smartphone yang sebelumnya menggunakan Windows Phone 7, tidak dapat menjalankan WIndows Phone 8.

"Cara sederhana untuk menganalogikannya adalah, sebelumnya Anda punya ponsel yang mampu menjalankan program, tapi sekarang Anda punya komputer yang dapat melakukan panggilan telepon," jelas Sullivan, seperti dikutip dari Mashable.

Ia menambahkan, ada banyak keuntungan dengan berbagi kernel yang sama. Microsoft dapat mewarisi arsitektur sistem operasi yang tentu sangat berguna untuk pengguna, mitra pembuat hardware, dan para pengembang aplikasi.

Dengan kesamaan kernel ini, diharapkan semua produk Windows dapat berbagi driver perangkat yang sama, sistem file, networking stack (yang kompatibel dengan IPv6), media software, dan keamanan.

Perubahan besar lain yang terjadi di Windows Phone 8, sistem operasi ini didesain agar dapat menerima spesifikasi hardware yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ia menerima penggunaan prosesor multi-core, mendukung resolusi layar tinggi dengan tiga macam teknologi layar, mendukung Near Field Communication (NFC), dan bisa menambah memori eksternal MicroSD,

"Semua kebutuhan dan pekerjaan dari smartphone bisa kita dapatkan dari arsitektur ini, dan tentu saja bermanfaat," kata Sullivan.

Kesamaan kernel sistem operasi komputer dan sistem operasi mobile juga dilakukan oleh Apple, di mana Mac OS X dan iOS menggunakan kernel XNU, singkatan dari X is Not Unix.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X