Google Gabungkan Hangout, Messenger, dan Talk

Kompas.com - 29/06/2012, 09:05 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google memiliki aplikasi chatting yang beragam, mulai dari Google+ Hangouts, Google Messenger, dan Google Talk. Rencananya, raksasa mesin pencari ini akan menyatukan ketiga aplikasi tersebut.

Berdasarkan pertemuan tim Google di ajang Google I/O di California, Rabu (27/6/2012) kemarin, Google berusaha mengefektifkan layanan aplikasi yang telah dirilisnya.

Google+ Hangouts merupakan fasilitas video chat di situs jejaring Google+ yang berfungsi sama seperti video chat di Yahoo Messenger atau Skype.

Sedangkan Google Talk (GTalk) adalah aplikasi chatting yang disediakan di Google Mail (Gmail) ataupun menjadi aplikasi chatting tersendiri di ponsel, seperti Yahoo Messenger ataupun WhatsApp.

Sementara, Google Messenger adalah fitur chatting di perangkat Android. Fitur ini untuk menandingi iMessages di perangkat iOS ataupun BlackBerry Messenger di perangkat BlackBerry. Berbeda dengan GTalk, Google Messenger akan dilengkapi fitur location sharing, groups dan fitur lain yang didesain untuk perangkat mobile.

"Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi pengguna. Tapi kami tidak akan mengumumkan apapun hari ini. Kami hanya ingin menyatukan ketiga aplikasi tersebut," kata Product Manager Google Nikhyl Singhal.

Di ajang itu, Singhal dan koleganya Chee Chew sebagai perancang Google+ Hangouts juga berbagi tentang bagaimana Google menggunakan aplikasi Hangouts secara internal.

Biasanya, pada saat rapat-rapat Google, aplikasi Hangouts sering digunakan untuk video conference secara virtual. Kemudian Singhal menjadikan Hangouts sebagai penyedia jasa video conference secara komplit.

"Kami menggelar lebih dari 10.000 hangouts (rapat) setiap hari di Google," katanya.

Lantas, fitur apa yang akan diberikan ke Hangouts? Chew dan Singhal tidak bercerita spesifik tentang hal tersebut. Namun saat ini mereka sedang berjuang untuk bisa membawa Hangouts tersedia di perangkat mobile.

Tidak hanya itu, fitur Hangouts nantinya juga akan dimungkinkan bagi pengguna ponsel untuk hangouts di udara (pesawat terbang atau saat di angkasa) serta bisa memberikan pengalaman social mobile streaming secara langsung ke Google+ dan YouTube. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.