Kompas.com - 06/07/2012, 09:41 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seagate resmi merilis seri hard disk eksternal Backup Plus dalam acara peluncuran di Jakarta, pada Kamis (5/7/2012) kemarin . Seri Backup Plus adalah penerus dari lini produk GoFlex yang telah lebih dahulu beredar.

Bedanya dengan Seagate GoFlex, Backup Plus memiliki fitur unik berupa kemampuan untuk mem-backup data dari sistem lokal maupun akun pengguna di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Flickr.

Melalui software bawaan bernama Seagate Dashboard, hard disk ini bisa terhubung ke akun online pengguna dan akan mendeteksi apabila terdapat foto-foto baru yang di-upload. Foto-foto tersebut  kemudian akan dikopi ke dalam hard disk secara otomatis.

Dengan cara ini, menurut Wakil Presiden Senior dan Direktur Pelaksana Seagate di Asia Pasifik Banseng Teh, pengguna dapat terhindar dari kehilangan foto karena alpa melakukan backup ke komputer.

"Soalnya, dengan gaya hidup serba ponsel sekarang, orang-orang cenderung mengambil gambar lewat ponsel dan  meng-upload ke situs jejaring sosial. Dengan Backup Plus, pengguna cukup mengirim foto dari ponsel ke akun online untuk melakukan backup otomatis," ujarnya.

Banseng menambahkan, dengan cara penggunaan yang mudah dan sederhana, Backup Plus memang ditujukan untuk pengguna yang aktif di situs jejaring sosial dan menginginkan solusi backup serba otomatis. "Ke depannya Backup Plus juga akan mendukung situs-situs lain seperti YouTube dan Instagram," ucap Banseng.


seagate_backup_plus
Seagate Backup Plus Portable Drive

Seri hard disk yang bisa bekerja di platform Windows dan Mac OS tanpa butuh penyesuaian ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu versi Backup Plus Portable drive berupa hard disk eksternal berdimesi kecil yang tidak  membutuhkan koneksi daya tambahan dan Backup Plus Desktop Drive yang memiliki ukuran fisik dan kapasitas penyimpanan besar.


seagate_backup_plus2
Seagate Backup Plus Desktop Drive

Backup Plus Portable Drive tersedia dalam pilihan kapasitas 500 GB, 750 GB, dan 1 TB, seemtara  Backup Plus Desktop Drive menyediakan kapasitas 2 TB, 3 TB, dan 4 TB.

Satu keunikan lain yang dimiliki desktop drive adalah port interface yan digunakan bisa diubah-ubah melalui adapter Universal Storage Module. Teknologi bawaan dari hard disk eksternal seri GoFlex  ini memungkinkan pengguna mengganti-ganti konektor hard disk menjadi USB 3.0, FireWire, maupun ThunderBolt. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.