Patenkan Desain MacBook Air, Apple Ancam Ultrabook

Kompas.com - 12/07/2012, 08:09 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Menghadapi pesaingnya, Apple terus mengembangkan portofolio paten. Kantor Paten US Patents and Trademark Office telah memberikan Apple hak atas desain MacBook Air terbaru.

Paten baru Apple ini bisa melebarkan "medan perang" paten dari pasar smartphone dan tablet ke ranah komputer portabel.

Laptop tipis jenis Ultrabook yang gencar dipromosikan Intel untuk mendorong penjualan laptop berbasis Windows memiliki beberapa fitur yang mirip dengan MacBook Air, seperti penggunaan Solid State Drive, kapabilitas Instant-on, dan tidak adanya optical drive untuk memberikan bentuk tipis.

Hal-hal yang tercakup dalam dokumen paten desain MacBook Air Apple antara lain pinggiran layar dan keyboard yang meruncing ke arah luar (tapered), integrasi port, serta rancangan berikut lokasi penempatan "kaki-kaki" di bagian bawah.

Sebelum paten ini diberikan, Apple telah bertindak agresif untuk melindungi desain dari perangkat-perangkat iOS miliknya, seperti iPhone dan iPad, tetapi belum menyasar para produsen Ultrabook.

Belakangan, Apple sering terlibat perang paten dengan sejumlah pesaingnya, termasuk Samsung dan HTC. Belum diketahui apakah Apple akan menggunakan paten atas desain MacBook Air sebagai "senjata" dalam menghadapi persaingan di segmen laptop, tetapi salah satu perusahaan yang berdiri di belakang Ultrabook adalah Intel yang memiliki hubungan baik dengan Apple.

Sejauh ini overlap yang terjadi di antara MacBook Air dan Ultrabook belum terlalu kentara. Apple berfokus pada pasar produk berharga di atas 1.000 dollar AS, sementara Intel dan AMD masing-masing mengincar segmen 700 dollar AS dan 500 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.