Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SPANYOL

Tiga Tewas akibat Kebakaran Hutan

Kompas.com - 24/07/2012, 05:13 WIB

madrid, senin - Tiga orang tewas akibat kebakaran kawasan hutan Girona, Spanyol, dekat perbatasan dengan Perancis, Minggu (22/7). Cuaca ekstrem berupa kemarau panjang sejak Maret, ditambah angin kencang, membuat api cepat melalap sebagian kawasan hutan di wilayah Catalonia, Spanyol utara itu.

Seorang pria Perancis berusia 60 tahun dan salah satu dari tiga anaknya yang berusia 15 tahun tewas. Mereka terjebak kebakaran di dekat Portbou. Ayah dan anak itu tewas setelah melompat ke laut dari tebing setinggi 50 meter untuk menghindari api.

Wakil Wali Kota Portbou Elisabet Cortaba mengatakan, istri korban yang warga Perancis dan dua anak lainnya selamat. Namun, sang ibu menjalani perawatan serius akibat patah tulang belakang. Adapun putra dan putrinya tidak terluka, tetapi mengalami trauma berat. Petugas mengatakan, keluarga ini sedang dalam perjalanan pulang ke rumah dari liburan akhir pekan.

Satu orang lagi meninggal karena serangan jantung setelah menghirup asap setelah api membakar hutan di sekitar rumahnya di Llers.

Sebelumnya, dua orang lain tewas akibat kebakaran pada akhir pekan lalu di Spanyol timur laut yang melanda wilayah seluas 90 kilometer persegi. Dengan demikian, kebakaran di kawasan hutan Spanyol telah menewaskan lima orang.

Wisatawan

Keluarga asal Perancis itu termasuk di antara 150 wisatawan Perancis yang terpaksa meninggalkan mobil setelah jalan di depan mereka terkepung kebakaran hebat. Mereka lalu berlari menuju tebing dan melompat ke laut. Banyak korban selamat menderita cedera patah tulang dan luka bakar.

Menurut Cortaba, satu keluarga Perancis lainnya terpisah satu sama lain setelah menuruni tebing menuju laut. Mereka mencapai tebing tanpa menemukan jalan keluar dari kepungan api yang disulut angin kencang, tetapi mereka selamat. ”Api mulai mendekati mereka, mereka tak dapat mendaki dan juga tidak dapat menuruni tebing. Satu-satunya jalan keluar bagi mereka adalah melompat ke laut,” kata Cortaba.

Girona adalah obyek wisata yang berbatasan dengan Perancis di wilayah Catalonia, Spanyol utara. Kawasan ini adalah salah satu pantai yang menjadi obyek wisata terkenal di Spanyol. Semua yang melompat ke laut dievakuasi nelayan Portbou. Identitas mereka tidak diungkap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com