Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2012, 11:06 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan garansi elektronik, Square Trade mengadakan uji ketahanan terhadap dua produk tablet populer, yakni Nexus 7 keluaran Google dan iPad keluaran Apple.

Uji ketahanan produk tablet dilakukan Square Trade, mengingat mereka memang berbisnis di bidang penyediaan layanan garansi elektronik, termasuk garansi tablet.

Tak tanggung-tanggung, uji ketahanan yang dilakukan mulai dari uji tahan banting sampai dengan tahan air. Pertama, uji tahan banting dilakukan saat dilempar dari ketinggian bahu manusia.

Saat dilakukan, ternyata iPad dari Apple cacat berupa goresan dan layarnya juga retak. Sedangkan Nexus 7 hanya tergores sedikit di bagian belakang.

Begitu juga dengan uji banting dari ketinggian meja. Lagi-lagi Nexus 7 dari Google unggul dengan jumlah goresan yang lebih sedikit dari iPad.

Terakhir, Square Trade menenggelamkan Nexus 7 dan iPad ke dalam bak mandi yang berisi air. Uji coba ini dianggap penting karena untuk mengantisipasi para pengguna yang sering memakai atau memainkan tablet di kamar mandi.

Sebelumnya, kedua tablet sama-sama memutar lagu. Keduanya dicelupkan ke dalam bak selama beberapa saat, kemudian diangkat. Ternyata, dari kedua produk itu, Nexus 7 sama sekali tidak mengalami perbedaan. Semua fungsi tetap berjalan seperti sebelum produk dicelupkan.

Musik tetap terdengar merdu, begitu juga dengan layar sentuhnya. Hal sebaliknya terjadi pada iPad. Fungsi layar sentuh memang masih normal, tetapi suara lagu sudah tidak terdengar lagi.

Dari hasil uji coba ini, Anda tak perlu melakukannya di rumah. Anda cukup pengalaman dari hasil uji ketahanan produk dari Square Trade ini.

Perlu diketahui, Google dan Apple merupakan sama produsen tablet yang saat ini sedang berkompetisi. Apple sebagai sang jawara kini harus berhadapan dengan Google yang baru saja meluncurkan tablet barunya, yaitu Google Nexus 7. (KONTAN/Zaskia Paramitha

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.