Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocorkan Barang Bukti, Samsung Terancam Kena Sanksi

Kompas.com - 02/08/2012, 19:27 WIB

KOMPAS.com - Drama pengadilan paten Apple versus Samsung terus memanas. Perkembangan terakhir menyebutkan bahwa Apple meminta pengadilan menjatuhkan sanksi pada Samsung.

Apple menuduh lawannya itu telah melanggar protokol sidang dengan membocorkan bukti yang tidak boleh ditampilkan ke sidang pada publik dan merilis pernyataan pers hari Selasa (31/7/2012) lalu.

Sebelumnya, hakin Lucy Koh yang memimpin pengadilan tidak memperkenankan Samsung menampilkan bukti berupa gambar-gambar ponsel Samsung F700 di dalam sidang.

Ponsel ini merupakan elemen kunci argumen Samsung melawan Apple yang menuduh produsen asal Korea tersebut menjiplak rancangan iPhone.

F700 yang memiliki interface touchscreen disebut telah dikembangkan lebih dulu dari iPhone sehingga tidak mungkin dibuat berdasarkan smartphone Apple yang dirilis pada 2007 itu.

nokoh

Salah satu halaman dokumen bukti yang dibocorkan Samsung ke publik (gambar: phonearena.com)

Tak kehilangan akal, alih-alih menyimpan bukti yang dilarang tampil tersebut rapat-rapat, Samsung malah membocorkannya ke publik melalui wartawan.

Rabu (1/8/2012) kemarin Hakim Koh telah meminta penjelasan kepada Samsung perihal kebocoran bukti tersebut.

Pihak Samsung mengatakan bahwa informasi tersebut termasuk dalam "wilayah publik" (public domain) dan karena itu sah-sah saja untuk dirilis.

Apple yang tidak puas dengan penjelasan Samsung menyiapkan mosi darurat. Masih belum jelas sanksi seperti apa yang akan dituntut oleh Apple.

Apple khawatir bahwa dokumen Samsung yang dibocorkan tersebut dapat mempengaruhi pendapat juri di pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com