Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip BlackBerry, ZTE Jadi Produsen Ponsel Terbesar Ke-5

Kompas.com - 03/08/2012, 10:42 WIB

ZTE FTV, ponsel "kawinan" ZTE dan Fashion TV
KOMPAS.com - ZTE berhasil masuk lima besar perusahaan elektronik yang paling banyak mengirimkan smartphone ke seluruh dunia pada kuartal 2 tahun ini.

ZTE menyingkirkan produsen BlackBerry, Research In Motion, dari daftar lima besar.

Laporan kuartalan perusahaan riset global IDC, mencatat, ZTE mengirimkan 8 juta unit smartphone pada kuartal 2 tahun 2012. Jumlah ini meningkat 300% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

ZTE menjadi salah satu produsen smartphone dengan pertumbuhan tercepat.

Executive Vice President ZTE Dia Shiyou mengatakan, posisi 5 besar ini adalah prestasi tersendiri untuk ZTE. "Masuk lima besar produsen smartphone merupakan tonggak penting menuju target kami untuk masuk tiga besar produsen smartphone terkemuka pada 2015," harap Dia seperti dikutip dari TechRadar, Rabu (1/8/2012).

Perusahaan asal China ini juga mempertahankan diri di posisi ke-4 dalam hal pengiriman perangkat mobile secara keseluruhan. Pada 2011, ZTE mengirimkan 15 juta unit perangkat mobile.

Secara global, ZTE meraih pangsa pasar sebesar 5,2%. Penjualan terbanyak terjadi di China, Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Menurut IDC, meskipun ZTE meraih keuntungan yang mengesankan pada kuartal 2 ini, namun ekuitas merek mungkin menjadi masalah di masa mendatang.

Strategi untuk mendapat pengakuan bahwa ZTE adalah produk yang kuat menjadi sebuah keharusan, jika penjualan smartphone ZTE ingin mengalami pertumbuhan pesat di luar negeri.

ZTE hanya terpaut 0,5% di belakang HTC yang bercokol di posisi 4, dan terpaut 1,4% di belakang Nokia yang berada di posisi 3.

Penjualan Nokia dan HTC mengalami kerugian karena penjualannya tahun ini terbilang lesu. Pangsa pasar Nokia dari tahun ke tahun turun sebesar 38,9%, sedangkan HTC turun 24,1%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com