Mark Zuckerberg Keluar dari Daftar 10 Pengusaha TI Terkaya

Kompas.com - 06/08/2012, 08:05 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat
Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg terlempar dari daftar 10 pengusaha teknologi informasi (TI) terkaya di dunia, menurut data Indeks Miliuner Bloomberg. Ini disebabkan karena saham Facebook terus menurun di bursa saham NASDAQ, New York, Amerika Serikat.

Kekayaan pendiri sekaligus CEO Facebook ini turun 423 juta dollar AS, setelah saham perusahaan turun 4% pada Jumat (3/8/2012), menjadi 20,04 dollar AS per lembar saham.

Sekarang, total kekayaan Zuckerberg bernilai 10,2 miliar dollar AS.

Harta Zuckerberg didasarkan pada kepemilikan 503.600.000 lembar saham Facebook. Dia juga memiliki sekitar 150 juta dollar AS berupa tunai dan aset lainnya.

Menurut data Indeks Miliuner media bisnis Bloomberg, posisi 10 yang sebelumnya ditempati Zuckerberg, digeser oleh James Goodnight, pendiri pendamping perusahaan software SAS asal Cary, California Utara. Selisih Kekayaan Zuckerberg dan James Goodnight sekitar 400 juta dollar AS.

Pengusaha TI terkaya di dunia masih ditempati pendiri Microsoft, Bill Gates, dengan kekayaan bersih 61,6 triliun dollar AS.

Menurut Ron Florance, direktur pelaksana perusahaan strategi investasi Wells Fargo Private Bank, Zuckerberg tidak mengkhawatirkan dirinya akan bangkrut.

"Dia lebih khawatir mempertahankan pangsa pasar Facebook di kancah bisnis media sosial, dari pada setiap hari memusingkan valuasi saham perusahaan," kata Florance.

Kini, harga saham Facebook turun drastis 47% jika dibandingkan harga penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) sebesar 38 dollar AS, pada 18 Mei 2012 lalu.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X