Kompas.com - 09/08/2012, 10:40 WIB
EditorReza Wahyudi

SAMSUNG Samsung Galaxy SIII.
KOMPAS.com - Smartphone Samsung Galaxy S III memiliki performa grafis mumpuni berkat GPU quad-core berbasis ARM Mali-400 yang tertanam di dalamnya.

Namun, tak lama lagi bakal bermunculan perangkat mobile dengan kualitas grafis yang lebih mencengangkan, yang bahkan mampu menyamai perangkat konsol game.

Ini dijanjikan oleh ARM yang baru saja memperkenalkan seri GPU baru berbasis Mali T600 hari Senin (6/8/2012) lalu.

Seri GPU tersebut terdiri dari T604 (quad core), T658 (delapan core), T624 (quad core), serta T628 dan T678 yang bisa dilengkapi dengan jumlah inti hingga 8 buah.

Seri GPU Mali T600 diklaim bisa memberikan performa yang setidaknya 50 persen lebih tinggi dibandingkan GPU generasi sebelumnya dan mampu menyajikan "console class gaming".

Produk pertama yang menggunakan teknologi GPU terbaru dari ARM ini disebut akan mulai bermunculan pada bulan September 2013.

ARM tidak memproduksi chip sendiri, tetapi melisensikan teknologi yang diciptakannya kepada produsen lain yang menggabungkannya dengan sejumlah komponen tambahan untuk membuat chip yang digunakan pada perangkat mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh prosesor yang menggunakan teknologi prosesor dan GPU dari ARM adalah seri SoC Exynos buatan Samsung

Selain di smartphone dan tablet, ARM menargetkan teknologi GPU baru ini untuk dipakai juga di perangkat lain seperti smart TV dan set-top box.

Saat ini baru sedikit smartphone yang menggunakan GPU berbasis teknologi ARM, tapi produsen ini mengklaim telah menguasai 70 persen pangsa pasar Smart TV.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.