Kompas.com - 09/08/2012, 12:05 WIB
EditorReza Wahyudi
The VergeAplikasi yang dapat mendeteksi pertanyaan dan memberi jawaban berbasis suara yang sedang dikembangkan Google untuk sistem operasi iOS milik Apple

KOMPAS.com - Google sedang bekerja mengembangkan aplikasi yang dapat mendeteksi pertanyaan dan jawaban berbasis suara untuk sistem operasi iOS milik Apple. Aplikasi ini dibuat untuk memantapkan posisi Google di kancah bisnis mesin pencari.

Rencana ini diungkapkan Direktur Teknik Perangkat Mobile Google Scott Huffman dalam sebuah acara yang digelar pada hari Rabu (8/8/2012). "Kami telah membuat langkah besar dalam mempelajari maksud dari bahasa-bahasa natural," kata Huffman seperti dikutip dari TheNextWeb.

Dalam demonstrasi aplikasi, seorang pihak Google coba mengajukan pertanyaan demikian: "Tunjukkan kepada saya sebuah video yang menjelaskan tentang fisika kuantum?"

Aplikasi ini lantas membuka situs web YouTube dengan video yang berisi penjelasan fisika kuantum.

Selain itu, aplikasi juga dapat menyimpan janji dan mengetahui jadwal aktivitas. Ia dapat menjawab pertanyaan seperti: "Kapan jadwal penerbangan saya?"

Google mengaku telah bekerjasama dengan Apple untuk mengembangkan aplikasi ini. Rencananya, aplikasi ini akan dirilis dalam beberapa pekan ke depan dan dapat diunduh di Apple App Store.

Sejak 2011 lalu, Apple telah mengembangkan fitur serupa bernama Siri yang saat ini hanya berjalan di iPhone 4S. Pada akhir tahun ini, Siri akan dapat digunakan oleh pengguna iPad generasi tiga, dengan melakukan update sistem operasi iOS terbaru, versi 6.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.