Berkat Tablet Nexus 7, Nvidia Tangguk Untung Besar

Kompas.com - 10/08/2012, 10:11 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kehadiran tablet Google Nexus 7 membuat produsen prosesor Nvidia untung besar.

Tablet Nexus 7, produk hasil kerjasama Google dengan Asus, menggunakan prosesor Tegra 3 buatan Nvidia.

Menurut sumber dari perusahaan pemasok, seperti dikutip dari Digitimes, prosesor ini dihargai 25 dollar per unitnya. Jika Google dan Asus memproduksi 3 juta unit Nexus 7, Nvidia meraup untung 75 juta dollar AS.

Google berencana mengirimkan tiga sampai empat juta unit Nexus 7 hingga akhir 2012.

Ini baru prediksi keuntungan terkecil Nvidia dari Nexus 7. Menurut sumber, keuntungan terbesarnya diprediksi mencapai 19 juta dollar AS.

Nvidia juga memproduksi Tegra 3 untuk perangkat smartphone. Produk smartphone Android yang telah menggunakannya antara lain Samsung Galaxy S III, HTC One X dan LG Optimus 4X HD.

Tegra 3 merupakan prosesor quad core dengan kecepatan 1,4GHz, yang dibangun dengan arsitektur ARM Cortex A-9.

Dalam bisnis prosesor untuk perangkat mobile, Nvidia bersaing ketat dengan Qualcomm yang juga memproduksi prosesor quad core Snapdragon S4.

Sayangnya, saat ini Qualcomm sedang kekurangan stok Snapdragon S4. Mereka telah memberi peringatan kepada para mitra yang menggunakan prosesor Snapdragon S4.

Hal ini dimanfaatkan oleh Nvidia, di mana penjualan Tegra 3 untuk smartphone dan tablet meningkat pada kuartal dua tahun ini. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.