Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2012, 14:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pasar ponsel pintar menjadi arena balap kuda bagi Google dan Apple.

Menurut laporan lembaga riset IDC, pada kuartal ini, Google dengan Android-nya berhasil mencapai angka penjualan 68 persen, empat kali lipat dibandingkan angka penjualan (Apple) iPhone-nya, yakni 17 persen.

IDC menyatakan, jumlah ponsel Android yang terjual di kuartal II tahun ini hampir 105 juta unit, lebih dari dua kali lipat penjualan di kuartal yang sama tahun lalu.

Begitu juga dengan perusahaan kompetitor, Apple menunjukkan kemajuan pesat dengan naiknya angka penjualan hingga 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut analis senior Ramon Llamas, ponsel Android lebih unggul dari segi harga dan desain ketimbang Apple.

Lebih spesifik, penjualan ponsel Android tertinggi diraih oleh Samsung yang menguasai 44 persen penjualan ponsel pintar. Selain Samsung, Google juga bekerja sama dengan 7 vendor ponsel pintar lainnya.

Perlu diketahui, Apple dan Samsung sempat berseteru karena Apple mengklaim Samsung menjiplak desain iPhone. Rencananya, iPhone versi terbaru yakni iPhone 5 akan dirilis bulan depan.

Menurut laporan IDC, penjualan iPhone 4S sejak bulan Oktober tahun lalu masih jauh dari cukup untuk menyaingi penjualan ponsel berbasis sistem operasi Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.