Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Jangkauan, XL Pakai Menara Milik RRI

Kompas.com - 10/08/2012, 21:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperluas cakupan layanan di daerah, termasuk di sejumlah wilayah perbatasan dengan negara-negara tetangga, PT XL Axiata akan menggunakan jaringan menara Radio Republik Indonesia (RRI).

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi dan Direktur Utama RRI Rosarita Niken Widyastuti di Jakarta, Jumat (10/8/2012).

"Visi industri telekomunikasi Indonesia salah satunya adalah untuk mempersatukan wilayah Nusantara yang kepulauan dan sekaligus memperkuat kedaulatan negara. Melalui kerjasama dengan RRI yang memiliki infrastruktur menara di berbagai pelosok daerah, kami berharap akan semakin mampu memenuhi visi tersebut," kata Hasnul dalam rilis persnya.

Lewat kerja sama ini, XL akan menempatkan perangkat BTS di menara-menara milik RRI sehingga tidak harus membangun menara sendiri di daerah yang sudah terjangkau siaran radio. DI tahap awal, BTS XL akan ditempatkan di Biak, Merauke, Sorong, Manokwari, Tarakan, Pontianak, dan Jambi.

Di sisi lain, XL berkomitmen mendukung program on air dan off air RRI untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. "Membuka isolasi informasi sinergi dengan XL, ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kedua belah pihak," ujar Rosarita Niken Widyastuti.

Sebelumnya, XL telah melayani sejumlah wilayah perbatasan, antara lain di Natuna (Kepulauan Riau), Sabang dan Simeulue (NAD), Merauke dan Jayapura (Papua). Saat ini total sebanyak lebih dari 33 ribu BTS (2G/3G) milik XL tersebar di seluruh provinsi (33 provinsi) yang ada di Nusantara, melayani 45,9 juta juta pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com