Samsung Terinspirasi dari Semangkuk Air, Bukan iPhone

Kompas.com - 14/08/2012, 06:43 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Desainer Senior Samsung, Hyoung Shin-park, membantah jika ponsel Samsung dituduh mencontek iPhone. Sebelum Apple merilis iPhone pada 2007, Samsung mengkalim, pihaknya lebih dulu membuat ponsel F700 dengan desain minimalis pada 2006.

Dalam persidangan Apple melawan Samsung di Amerika Serikat, Jumat (10/8/2012), Park menegaskan, dirinya terlibat langsung mendesain F700 sejak Mei 2006. Kemudian, aplikasi paten desain F700 itu telah didaftarkan pada Desember 2006.

Sementara Apple baru resmi memasarkan iPhone generasi pertama pada Juni 2007.

F700 punya desain yang mirip dengan iPhone. Layar sentuh yang ukurannya tidak terlalu besar, berbentuk persegi panjang, setiap sudut didesain melengkung, tepi ponsel diselimuti bezel stainless, dan hanya menggunakan satu tombol fisik di bawah layar. Samsung juga tidak memberi ornamen dan memilih warna hitam yang lembut untuk F700. Ponsel ini punya desain keyboard slider.

"Park terinspirasi oleh semangkuk air, dengan permukaan depan yang halus untuk desainnya," tulis pihak Samsung dalam dokumen yang dihadirkan di persidangan.

Sejak 2010, Apple menuding smartphone Galaxy mencontek desain dan teknologi iPhone, begitu pula tablet Galaxy Tab yang meniru iPad.

Pertarungan hukum antara Apple dan Samsung saat ini sedang berlangsung di AS sejak 30 Juli 2012 dan akan berlangsung selama lebih kurang 4 pekan. Apple menuntut Samsung membayar ganti rugi sebesar 2,5 miliar dollar AS atas pelanggaran hak paten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Samsung akan berjuang di pengadilan agar pihaknya bisa menjual produk smartphone dan tablet di AS, yang notabene adalah pasar penting. Samsung menyebut Apple mencoba melumpuhkan kompetisi pasar agar terus mendapat keuntungan "selangit" dari penjualan produknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.