Kompas.com - 16/08/2012, 14:28 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

www.seroundtable.com

KOMPAS.com - Senin (13/8/2012) lalu Saurabh Sharma dari Google mengumumkan fitur untuk mengubah alamat URL dari akun pengguna bisnis dan perorangan di jejaring sosial  Google Plus sesuai keinginan.

Dengan fitur ini, para pengguna nantinya bisa mengkustomisasi alamat URL dari akun Google Plus mereka sesuai dengan nama atau brand usaha. Contohnya antara lain "plus.google.com/+hugoboss"  atau "plus.google.com/+davidbeckham".

Selebriti Amerika Britney Spears termasuk salah satu yang sudah bisa memanfaatkan fitur tersebut. Tadinya akun penyanyi wanita tersebut berada di alamat "plus.google.com/100000772955143706751", sekarang akunnya bisa diakses di alamat "plus.google.com/+britneyspears".

Kedua alamat di atas akan mengakses akun yang sama, tetapi URL dengan nama "Britney Spears" lebih mudah diingat, setidaknya itulah yang dipromosikan oleh pihak Google.

Menurut Google, dengan mengubah alamat URL menjadi nama atau brand pengguna, akun yang bersangkutan akan lebih gampang dicari.

Untuk saat ini Google baru menawarkan fitur tersebut kepada kalangan tertentu saja, tetapi nantinya raksasa internet ini akan memperluas dukungan ke pengguna-pengguna lain.

Sebelumnya, sejumlah layanan telah menawaran fitur serupa (custom URL) seperti gplus.com dan ongpl.us. Situs-situs lain yang telah lebih dulu menawarkan custom URL bagi akun penggunanya adalah Facebook dan YouTube.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.