Kompas.com - 29/08/2012, 11:25 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen komputer Asus dan produsen prosesor AMD, bekerjasama membuat notebook yang dijual seharga netbook. Produk tersebut adalah Asus Slimbook X401U, yang tersedia di Indonesia sejak Juli 2012 dengan harga Rp 3 jutaan.

Dengan harga relatif terjangkau, Slimbook X401U cukup memuaskan untuk kebutuhan komputasi ringan seperti mengetik, memutar lagu ataupun video.

Desain

Slimbook X401U tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan silver. Tubuhnya diselimuti oleh materi plastik. Materi glossy pada bagian punggung layar mudah meninggalkan jiplakan tangan.

Touchpad pada Slimbook X401U cukup luas, jari ini nyaman ketika digunakan untuk bernavigasi. Bernavigasi dengan dua jari ke atas atau ke bawah, berarti Anda melakukan scrolling (menggulirkan) layar. Sedangkan navigasi dengan 3 jari ke bawah, akan membawa Anda ke tampilan desktop.

Touchpad Asus Slimbook X401U - (Kredit: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

Tombol-tombol pada keyboard Slimbook X401U kurang empuk. Begitupun daya pantulnya yang kurang mantap, sehingga kurang nyaman ketika dipakai mengetik.

Bagi Anda yang terbiasa mengetik cepat nampaknya akan sering terkecoh ketika menekan tombol Backspace untuk menghapus teks yang salah ketik. Sebab, letak tombol Backspace yang biasanya berada di ujung kanan kedua dari atas ditempati oleh tombol Home. Posisi ini tak jarang mengecoh KompasTekno yang bermaksud menekan Backspace, tapi malah tombol Home yang tertekan.

Slimbook X401U berdimensi 34.4 x 24.1 x 2.40 mm dengan bobot 1,76kg. Lubang pembuangan udara panasnya terletak di sisi kiri dan pada bagian bawah.

Konektivitas

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.