Devcup, Ajang Unjuk Gigi Pengembang Aplikasi Evernote

Kompas.com - 04/09/2012, 15:24 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat
Sartika Kurniali Para Pemenang Devcup dengan Phil Libin, CEO Evernote.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Sartika Kurniali, penulis buku komputer, turut menghadiri Evernote Trunk Conference di San Francisco, Amerika Serikat pada 24 Agustus 2012. Dalam tulisan kali ini ia mengulas kompetisi aplikasi bernama Evernote Devcup:

Penulis: Sartika Kurniali*

Semakin banyak startup yang tidak hanya mengandalkan jumlah pengguna sebagai cara bertumbuh, tetapi juga jumlah pengembang aplikasi yang menggunakan API nya. Hal ini tidak mudah dilakukan karena keduanya memerlukan penanganan yang sama sekali berbeda.

Di Evernote pengembang aplikasi bisa menikmati program baru, yaitu Developer Voice yang dipimpin jurnalis teknologi veteran yang baru bergabung sebagai Evernote Platform Advocate, Rafe Needleman. Program ini diciptakan untuk menyediakan bimbingan dan dukungan yang diperlukan pengembang aplikasi untuk membuat program baru yang bisa memperkuat platform Evernote itu sendiri.

The Evernote Devcup
yang merupakan kompetisi tahunan juga bisa diikuti oleh para  pengembang aplikasi dari seluruh dunia. Devcup tahun ini menjanjikan total hadiah sebesar $101.200 dan berhasil menyaring enam finalis, yaitu EV, KustomNote, LiveMinutes, EverClip, Spotwith, dan Placeme.

Para finalis lalu diminta melakukan pitching di Evernote Trunk Conference untuk mendapatkan suara yang diberikan para peserta konferensi lewat tweet atau SMS. Suara yang dikumpulkan ini mempengaruhi 1/3 dari nilai keseluruhan.

Sartika Kurniali Voting Enam Finalis Devcup lewat Tweet dan SMS.

Pada akhirnya ucapan selamat harus diberikan kepada EverClip  dari Hongkong yang berhasil meraih posisi pertama dan mendapatkan hadiah sebesar $20.000. Everclip menawarkan fitur mengklip halaman web otomatis ke Evernote bagi pengguna mobile di iPhone.

Lalu disusul Kustom Note dari Amerika yang meraih posisi kedua dan mendapatkan hadiah sebesar $15.000. Kustom Note menawarkan beragam template catatan dan fitur membuat template sendiri di Evernote.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan posisi ketiga diraih EV dari Brazil yang mendapatkan hadiah sebesar $5.000. EV merupakan client SMS yang memungkinkan pengguna yang tidak memiliki smartphone bisa menggunakan Evernote melalui fitur SMS.

* Tentang Penulis: Sartika Kurniali senang menjajaki peluang dan ide-ide baru di tempat kerja. Dia juga seorang dosen, penulis buku komputer dan internet, dan sesekali menjadi pembicara publik. Dia menyukai segala hal tentang internet dan dapat dihubungi melalui Linkedin, blog-nya, dan Twitter @SartikaKurniali.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.