TV Samsung Dicuri, Diduga oleh Mata-mata Industri

Kompas.com - 05/09/2012, 08:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Dua televisi canggih Samsung berteknologi OLED hilang saat dibawa dalam perjalanan ke Berlin, Jerman. Samsung hendak memamerkan televisi itu dalam acara pameran produk elektronik bergengsi Eropa, Internationale Funkausstellung (IFA), di Berlin, akhir Agustus lalu.

Juru bicara Samsung mengatakan, Selasa (4/9/2012), televisi Organic Light Emitting Dioda (OLED) itu menghilang antara tanggal 21 sampai 28 Agustus lalu. Untungnya, Samsung membawa beberapa produk serupa sehingga televisi OLED tetap dipamerkan di stannya.

Masalah ini telah dilaporkan kepada polisi setempat. Hingga saat ini, lokasi hilangnya dua televisi itu belum diketahui.

Samsung menolak mengomentari dugaan adanya spionase dalam industri teknologi, mengingat ada banyak perusahaan elektronik yang mengikuti pameran IFA di Berlin.

Laporan media massa menyebut, pelaku pencurian itu bertujuan untuk mencuri teknologi televisi canggih milik Samsung. Jika benar demikian, Samsung bisa merugi miliaran dollar AS karena pihaknya telah melakukan penelitian dan pengembangan cukup lama untuk memasang teknologi OLED di televisi.

Teknologi OLED diprediksi akan menjadi penerus teknologi Liquid Crystal Display (LCD) di produk televisi. Teknologi OLED telah digunakan di produk smartphone dan tablet milik Samsung. Kualitas gambar dari layar OLED lebih cemerlang, bobotnya lebih ringan dan lebih irit daya listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.