Google Drive untuk iOS Diperbarui, Kini Bisa Edit Dokumen

Kompas.com - 11/09/2012, 15:11 WIB
EditorReza Wahyudi

GoogleGoogle Drive

KOMPAS.com - Google baru saja meng-update aplikasi Google Drive, layanan penyimpanan data online, di sistem operasi (Apple) iOS.

Pada update terbaru ini, Google menambahkan fitur editing dokumen langsung melalui aplikasi tersebut (on the go).

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data online, mirip dengan Dropbox. Pengguna bisa menyimpan berbagai macam data, seperti dokumen, foto, video, dan aplikasi. Bedanya dengan Dropbox, Google Drive sudah dilengkapi dengan layanan Google Docs.

Awalnya, fitur editing ini hanya tersedia untuk pengguna Google Drive di Android. Sedangkan di perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, untuk melakukan editing dokumen, harus masuk ke web browser terlebih dahulu.

Saat KompasTekno mencoba fitur editing Google Drive di iPad, aplikasi ini ternyata tidak mendukung fitur editing untuk dokumen berjenis spreadsheet. Setelah dipelajari lebih lanjut, ternyata hanya dokumen berbentuk teks saja yang sudah didukung oleh fitur editing ini.

Meski demikian, kemampuan untuk membuat dokumen baru sudah hadir di versi terbaru Google Drive untuk iOS ini. Pengguna juga sudah bisa melihat file presentasi, lengkap dengan animasi, speaker notes, dan mode full-screen.

Selain itu, pengguna sudah diberi kemampuan untuk membuat folder dan mengunggah data, seperti foto dan video, langsung dari perangkat ke aplikasi Drive.

Aplikasi Google Drive untuk Android juga mendapatkan update. Di versi terbaru ini, pengguna Android dapat menambahkan komentar, menjawab komentar, dan melihat table langsung melalui aplikasi Drive ini.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X