Kompas.com - 14/09/2012, 16:54 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Bentuk fisik iPhone 5 memang hanya sedikit berubah dibandingkan dengan pendahulunya, tetapi smartphone andalan baru Apple ini dikatakan memiliki "jeroan" yang jauh lebih bertenaga.

iPhone 5 dilengkapi dengan prosesor (System-on-Chip/ SoC) baru bernama Apple A6. Ukuran prosesor ini 22 persen lebih kecil dibandingkan dengan prosesor Apple A5 yang digunakan pada iPhone 4S.

Menurut Apple, prosesor A6 memiliki daya komputasi yang dua kali lebih besar dari pendahulunya. Kinerja pengolah grafisnya pun diklaim dua kali lebih baik.

Detail spesifikasi Apple A6 belum diketahui dan belum diumumkan secara resmi oleh Apple. Banyak pengamat dan situs teknologi menyebutkan, iPhone 5 hanya menggunakan prosesor dual-core, bukan quad-core.

Namun, situs teknologi The Verge berpendapat lain, mereka memprediksi iPhone 5 memakai arsitektur prosesor Cortex A-15 dari ARM, dengan CPU quad-core.

Adapun pemroses grafisnya diperkirakan memakai PowerVR SGX543 dengan empat buah inti.

Apabila benar, iPhone 5 boleh jadi adalah salah satu smartphone tercanggih di dunia saat ini.

iphone-5-inside-e-2
Komponen internal iPhone 5, dengan prosesor A6 dan chipset CDMA-LTE qualcomm di bagian bawah (gambar: Apple, via cnet.com)

Efisiensi daya iPhone 5 juga meningkat, kemungkinan karena penggunaan prosesor A6 ini. Apple mengklaim pengguna iPhone 5 bisa menggunakan koneksi LTE untuk berselancar di web selama 8 jam atau menonton video selama sepuluh jam. Waktu siaga yang dijanjikan adalah 225 jam.

Hal lain yang juga diusung Apple dalam prosesor A6 adalah signal processor next-gen yang diklaim meningkatkan kecepatan pemgambilan gambar pada kamera iPhone 5 hingga 40 persen.

Kinerja dalam kondisi minim cahaya dan noise-reduction kamera ini disebut lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya berkat penggunaan A6.

Untuk konektivitas LTE, Apple dikabarkan memakai chip Qualcomm MDM9615 yang terpisah dari prosesor utama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.