Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
gadget

Haruskah "Upgrade" iPhone 4S ke iPhone 5?

Kompas.com - 19/09/2012, 03:35 WIB

Oleh: Didik Djunaedi
kompasiana: didik_djunaedi

Setelah iPhone 5 diluncurkan, Kamis (12/9), banyak teman yang bertanya, apakah kelebihan iPhone 5 di­bandingkan iPhone 4S atau bahkan iPhone 4? Apakah mereka harus ”upgrade” iPhone 4S-nya yang baru berusia beberapa bulan dan ma­sih bergaransi? Pertanyaan yang wajar saat muncul iPhone model baru.

Sebagai pengguna iPhone, saya termasuk golongan yang tidak terburu-buru untuk memburu telepon selular pintar ini. Hadirnya iPhone model baru memang selalu membuat air liur menetes untuk memilikinya. Bagi pengguna iPhone tipe 4S seperti saya, sebaiknya menahan diri dulu. Mari kita lihat perbedaan utamanya.

Setidaknya, ada tiga hal utama yang membedakan kedua iPhone ini, yakni ”display” iPhone 5 lebih besar atau lebih tepatnya lebih tinggi (4 inci untuk iPhone 5 dan 3,5 inci untuk iPhone 4S), prosesor iPhone 5 (A6) yang diklaim dua kali lebih cepat, dan iPhone 5 mendukung teknologi LTE untuk ”browsing” internet lebih cepat. Meski lebih tinggi, iPhone 5 lebih tipis dan lebih ringan dari pendahulunya.

Sejauh ini, iPhone 4S menurut saya masih memadai, kecuali bagi Anda yang memang membutuhkan spesifikasi yang lebih seperti iPhone 5 di atas. ”Operating system” (OS) yang menyertai iPhone 5 ini adalah iOS 6. Ia tetap berjalan dengan baik di iPhone 4S, kecuali penyesuaian ”display” yang tentunya akan lebih menarik bila menggunakan iPhone 5.

Peta (”map”) yang baru, Siri dengan tambahan kemampuan baru, dan kamera dengan kemampuan semua panorama juga akan berjalan baik di iPhone 4S, dan mungkin juga di iPhone 4.

Akan tetapi, bagi pengguna iPhone 3GS dan masih menginginkan iPhone sebagai pengganti ”smartphone” berikutnya, iPhone 5 adalah rekomendasi terbaik di samping pertimbangan harga.

Selain memerhatikan kualitas, keterlambatan hadirnya iPhone seri baru di Indonesia juga menjadi penolong saya untuk menahan diri me­miliki iPhone terbaru. Biasanya saya menggan­ti ”smartphone” dalam kurun waktu dua tahun. Pilihan saya akan jatuh pada iPhone dengan akhiran –S karena adanya perbaikan dan penambahan fitur.

Jadi, tidak ada sa­lah­nya menunggu. Namun, sekali lagi, jika Anda termasuk orang yang selalu ingin merasakan yang pertama dan memerlukan kemampuan spesifikasi lebih tinggi, silakan meluncur ke Apple Store terdekat (ke Singapura mungkin? karena jadwal ketersedia­an iPhone 5 di Indonesia masih belum jelas).

[http://kom.ps/ACTIVO]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com