Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2012, 08:36 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Peta digital Apple Maps di sistem operasi mobile iOS versi 6 tidak mendapat sambutan positif. Banyak pengguna berharap agar Google Maps segera hadir di iOS 6. Sayangnya, dalam waktu dekat ini Google belum bisa merealisasikannya.

Chairman Google Eric Schmidt mengkonfirmasi hal tersebut, Selasa (25/9/2012). Ia mengatakan, keputusan untuk menghadirkan Google Maps di iOS, harus disetujui oleh Apple. Kedua perusahaan telah berkomunikasi, namun hingga kini belum menemukan titik terang.

"Apa yang harus kita lakukan? Memaksa mereka untuk tidak mengubah keputusan? Ini keinginan mereka," tegas Schmidt, seperti dikutip dari Reuters.

Belakangan ini beredar rumor bahwa Google Maps untuk iOS sedang dalam pengembangan, dan menunggu persetujuan Apple. Namun, Schmidt tidak memberi tanda hal itu akan segera terjadi.

"Aku tidak memprediksi apapun. Kami ingin mereka menjadi mitra. Kami sangat menyambut itu. Saya tidak mau berspekulasi pada apa yang mereka lakukan. Mereka bisa menjawab pertanyaan seputar ini jika dipandang perlu," tambahnya.

Seperti diketahui, Apple memutuskan untuk membuang Google Maps dan YouTube sebagai aplikasi bawaan di iOS 6. Aplikasi mandiri YouTube telah tersedia untuk iOS, tapi Google Maps, dalam waktu dekat ini belum tersedia.

Para pengguna perangkat mobile Apple yang telah melakukan update sistem operasi ke iOS 6, menilai Apple Maps tidak sedetail dan seakurat Google Maps.

Bahkan, pendiri Apple Steve Wozniak pun, mengaku agak kecewa dengan Apple Maps. Menurutnya, Google Maps memiliki basis data yang lebih lengkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.