Di 2012, Tiga Kali Layanan BlackBerry "Ngadat"

Kompas.com - 03/10/2012, 18:43 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermasalahnya layanan chat BlackBerry Messenger (BBM) hari ini, Rabu (3/10/2012), merupakan gangguan layanan kesekian kalinya yang dialami pengguna BlackBerry di Indonesia.

"Dalam setahun, selama tahun 2012 ini layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali, " kata Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemkominfo Gatot S Dewa Broto.

Pertama, gangguan terjadi pada layanan email BlackBerry, pada akhir Maret 2012. Momentum ini bertepatan dengan Rapat Paripurna DPR yang membahas rencana kenaikan harga bahan minyak. Kala itu juga terjadi demonstrasi di Jakarta yang menuntut agar harga bahan bakar minyak tidak dinaikkan.

Kedua, pada 15 Agustus 2012, layanan email BlackBerry kembali mengalami gangguan.

Ketiga, giliran pesan instan BlackBerry Messenger yang terganggu pada hari ini, yang bertepatan dengan aksi demonstrasi para buruh menuntut dihapusnya sistem tenaga alih daya (outsourcing).

Gangguan BBM hari ini tak hanya menimpa pengguna BlackBerry di Indonesia, namun terjadi di kawasan Asia Pasifik.

Seperti diberitakan sebelumnya, gangguan terjadi pada layanan BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia dan Asia Pasifik. Gangguan dilaporkan mulai terjadi pada Rabu (3/10/2012) siang.

Atas gangguan ini, pihak RIM melalui PR Manager RIM Indonesia, Yolanda Nainggolan, meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.