"Cloud Computing Cocok untuk Startup"

Kompas.com - 05/10/2012, 18:55 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Cloud computing bisa membantu perusahaan startup untuk lebih mengembangkan bisnis. Dengan penggunaan teknologi ini, sebuah perusahaan dapat lebih menghemat biaya sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Penjelasan mengenai hal tersebut diutarakan oleh Zane Adam, Senior Director Microsoft untuk Cloud and Platform Strategy, pada ajang Sparxup Conference hari ini(5/10/2012) di Plaza Bapindo, Jakarta.

Menurut Adam, Platform as a Service (PaaS) merupakan platform yang paling cocok digunakan untuk perusahaan startup.

Dengan modul cloud computing tersebut, perusahaan startup tidak perlu memikirkan infrastruktur TI perusahaan mereka. Perusahaan bisa mengalokasikan pikiran mereka ke tempat lain.

Perusahaan startup juga tidak perlu mengalokasikan banyak dana untuk kegiatan membangun infrastruktur. Infrastruktur tersebut, dengan bantuan cloud computing, dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan perusahaan startup ini.

Penggunaan cloud computing, menurut Adam, relatif mudah. Hal tersebut dapat membantu startup dari sisi teknologi. Perusahaan bisa membangun teknologi dan bahasa pemrograman apapun untuk aplikasi mereka.

Adam juga banyak membahas mengenai masalah keamanan. Menurut Adam, masalah keamanan ini merupakan yang paling sering dipermasalahkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk masalah keamanan tersebut, Adam menyarankan bagi tiap perusahaan startup untuk memilih penyedia layanan cloud computing yang tepat dan terpercaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.