Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Operasikan 3G 900 MHz di Sumatera Barat

Kompas.com - 08/10/2012, 07:02 WIB

Aditya Panji/KompasTeknoKantor Indosat berhias kain batik pada Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com — Indosat secara resmi mulai mengoperasikan dan mengomersialisasikan layanan 3G di frekuensi 900 MHz, Sabtu (6/10/2012), untuk wilayah Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat. Pada kesempatan yang sama, Indosat juga meluncurkan layanan baru bernama Super 3G+.

Provinsi Sumatera Barat dipilih oleh Indosat sebagai wilayah pertama yang dapat menikmati jaringan 3G di frekuensi 900 MHz. Sebab, menurut Indosat, Sumatera Barat memiliki potensi permintaan layanan data cukup tinggi. Infrastruktur telekomunikasi Indosat siap melayani 11 kabupaten dan 7 kotamadya di provinsi ini.

“Indosat gembira dapat merealisasikan jaringan teknologi terkini 3G 900 MHz pertama kali di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan data yang terus meningkat," ujar Erik Meijer, Director and Chief Commercial Officer Indosat, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Jaringan telekomunikasi ini memanfaatkan teknologi universal mobile telecommunications system (UMTS) yang memungkinkan implementasi 3G di frekuensi 900 MHz. Indosat mengklaim kecepatan akses internetnya bisa mencapai 7,2 Mbps dan kuota terbesar sampai 7,5 GB.

Dari hasil uji jaringan yang dilakukan Indosat di rute perjalanan Padang- Bukittinggi, kecepatan akses internet rata-rata mencapai 6 Mbps dalam kondisi berjalan atau mobile.

Indosat menjadi perusahaan operator seluler pertama di Indonesia yang mendapatkan izin memanfaatkan pita frekuensi 900 MHz untuk menyelenggarakan layanan 3G. Izin ini diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 31 Agustus 2012.

Selama ini, layanan jaringan 3G digunakan di frekuensi 2.100 MHz, sedangkan frekuensi 900 MHz digunakan untuk layanan 2G teknologi global system for mobile communications (GSM).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com