Kompas.com - 08/10/2012, 07:02 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Aditya Panji/KompasTeknoKantor Indosat berhias kain batik pada Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com — Indosat secara resmi mulai mengoperasikan dan mengomersialisasikan layanan 3G di frekuensi 900 MHz, Sabtu (6/10/2012), untuk wilayah Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat. Pada kesempatan yang sama, Indosat juga meluncurkan layanan baru bernama Super 3G+.

Provinsi Sumatera Barat dipilih oleh Indosat sebagai wilayah pertama yang dapat menikmati jaringan 3G di frekuensi 900 MHz. Sebab, menurut Indosat, Sumatera Barat memiliki potensi permintaan layanan data cukup tinggi. Infrastruktur telekomunikasi Indosat siap melayani 11 kabupaten dan 7 kotamadya di provinsi ini.

“Indosat gembira dapat merealisasikan jaringan teknologi terkini 3G 900 MHz pertama kali di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan data yang terus meningkat," ujar Erik Meijer, Director and Chief Commercial Officer Indosat, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Jaringan telekomunikasi ini memanfaatkan teknologi universal mobile telecommunications system (UMTS) yang memungkinkan implementasi 3G di frekuensi 900 MHz. Indosat mengklaim kecepatan akses internetnya bisa mencapai 7,2 Mbps dan kuota terbesar sampai 7,5 GB.

Dari hasil uji jaringan yang dilakukan Indosat di rute perjalanan Padang- Bukittinggi, kecepatan akses internet rata-rata mencapai 6 Mbps dalam kondisi berjalan atau mobile.

Indosat menjadi perusahaan operator seluler pertama di Indonesia yang mendapatkan izin memanfaatkan pita frekuensi 900 MHz untuk menyelenggarakan layanan 3G. Izin ini diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 31 Agustus 2012.

Selama ini, layanan jaringan 3G digunakan di frekuensi 2.100 MHz, sedangkan frekuensi 900 MHz digunakan untuk layanan 2G teknologi global system for mobile communications (GSM).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.