Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Telah Berinvestasi Rp 50 Triliun

Kompas.com - 08/10/2012, 15:42 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Senin (8/10/2012) ini tepat 16 tahun PT XL Axiata Tbk (XL) beroperasi dan memberikan layanan telekomunikasi seluler kepada masyarakat Indonesia. Di usia yang tidak muda lagi untuk ukuran industri telekomunikasi seluler ini, XL berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan Indonesia, dengan mengusung spirit Persembahan XL Memajukan Negeri

"Menjadi satu kebanggaan bagi kami selama 16 tahun sudah hadir melayani dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Kami berharap kehadiran XL selama ini bisa dirasakan manfaatnya oleh pelanggan, masyarakat dan negara Indonesia, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan bagi seluruh pelanggan, mitra bisnis, pemerintah, dan juga media yang selama ini telah mendukung dan membantu XL dalam memberikan layanan seluler bagi masyarakat Indonesia," ujar  Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, Senin ini dalam surat elektroniknya.

Hasnul memaparkan, selama 16 tahun beroperasi, XL telah menginvestasikan tidak kurang dari Rp 50 triliun. Sebagian besar dari investasi diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur jaringan ke seluruh penjuru negeri. Saat ini, XL telah memiliki backbone fiber optic sepanjang  lebih dari 17 ribu kilometer yang menghubungkan Jawa - Sumatera - Bali - Lombok - Sulawesi - Kalimantan, bahkan juga tersambung dengan jaringan internasional.

Total BTS XL mencapai 33.737  BTS, dengan 8.788 di antaranya merupakan BTS 3G.  XL akan terus meningkatkan investasi untuk infrastruktur jaringan telekomunikasi sesuai dengan kebutuhan, seiring dengan peningkatan trafik komunikasi masyarakat, bertambahnya pelanggan, kemajuan teknologi, serta dukungan kepada pembangunan di daerah terpencil.

Saat ini XL telah melayani lebih dari 45 juta pelanggan dan masyarakat Indonesia di 33 propinsi, 498 kabupaten, dan 3.785 kecamatan. Untuk jangkauan layanan, XL saat ini telah mencapai lebih dari 90 persen populasi nasional, termasuk meliputi wilayah perbatasan dengan negara lain, di antaranya Sabang, Natuna, Simeulue, Entikong, Nunukan, Pulau Sebatik, Biak, dan Merauke.  

 XL juga selalu memberikan kontribusi bagi negara melalui pembayaran pajak, Biaya Hak Penyelenggaraan (BHP), dan kegiatan universal service obligation (USO). Di tahun 2011, XL telah memberikan kontribusi sebesar Rp 1,5 triliun untuk BHP dan USO. Di tahun yang sama pula, XL juga memberikan kontribusi kepada negara berupa pajak penghasilan sebesar Rp 1,2 triliun  . Untuk melayani seluruh pelanggan, XL kini memiliki sekitar 3.450 karyawan. Kantor perwakilan XL tersebar di seluruh wilayah operasi. Selain itu, XL juga didukung oleh lebih dari 360.000 outlet jaringan distribusi. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan semakin luasnya wilayah layanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com