Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Aman Belanja Lewat Internet

Kompas.com - 10/10/2012, 04:11 WIB

Oleh: Mira Qila
Kompasiana: mirarisma

Belanja ”online”? Wah... gue banget tuh! Saya sering berbelanja lewat internet karena di kota tempat tinggal saya, Cilegon, susah ditemukan barang yang ”tidak biasa”.

Beragam barang saya beli lewat situs web jualan atau Facebook, mulai dari onderdil elektronik, onderdil motor, ponsel, laptop, jam, baju, kerudung, isi ”polaroid”, sampai korek kuping yang pakai senter seharga Rp 1.900.

Banyak orang bertanya ke saya, tidak takut tertipu dengan belanja ”online”? Saya akan menguraikan kiat-kiat yang biasa saya lakukan agar tidak (merasa) tertipu saat berbelanja lewat internet:

Cari toko tepercaya

Sebelum memutuskan bertransaksi, jangan malas untuk melihat ”review” atau ”reward” yang diberikan pelanggan untuk sebuah toko ”online”.

Di Facebook, Anda bisa mencoba menanyakan ke pembeli, apakah pelayanan yang didapat memuaskan dan apakah barang terkirim dengan baik.

Sabar

Namanya juga toko ”online”, belum tentu pemilik atau petugasnya ”online” setiap waktu. Kadang ada toko yang menyanggupi jika pelanggannya berkirim SMS. Katanya sih agar respons­nya cepat.

Anda juga harus bersabar menunggu stok barang dalam arti jangan bertransaksi, kecuali barang benar-benar tersedia. Kalau tidak, uang telanjur dikirim, barang kosong, Anda sendiri yang rugi. Jarang ada toko yang mau mengembalikan uang yang telanjur dikirim.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com