Aksi Peterjun Antariksa Pecahkan Rekor YouTube

Kompas.com - 16/10/2012, 09:56 WIB
EditorReza Wahyudi

BBCFelix Baumgartner

KOMPAS.com — Nama Felix Baumgartner, skydiver asal Austria, tiba-tiba menjadi terkenal. Baumgartner telah berhasil menuntaskan misinya terjun dari stratosfer. Lewat aksinya ini, Baumgartner berhasil memecahkan tiga rekor dunia sekaligus.

Namun, menurut YouTube, seperti dikutip dari Engadget, Baumgartner sebenarnya tidak hanya memecahkan tiga rekor, tetapi empat rekor. Rekor keempat yang berhasil Baumgartner pecahkan merupakan rekor tersendiri bagi YouTube.

YouTube menyiarkan secara langsung (video streaming) momen-momen terjunnya Baumgartner. Video streaming tersebut disiarkan lebih kurang selama dua jam.

Jumlah penonton video streaming ini yang dinyatakan oleh YouTube sebagai pemecah rekor. Menurut YouTube, ada 8 juta orang yang secara bersamaan menonton video streaming tersebut.

Menurut Engadget, nilai tersebut lebih tinggi dari jumlah orang yang menonton acara inagurasi Presiden Obama.

Dari berita sebelumnya, diketahui kalau Baumgartner berhasil terjun dari ketinggian 39,044 km. Setelah naik dengan kapsul dan balon udara, ia berhasil terjun menembus kecepatan suara. Penerjunan berjalan selama 9 menit 3 detik di mana 4 menit 20 detik merupakan gerak jatuh bebas berkecepatan 1.342 km per jam atau 1,24 kali kecepatan suara.

Dengan kesuksesan penerjunan itu, Baumgartner menjadi manusia pertama yang bergerak menembus kecepatan suara tanpa kendaraan sekaligus rekor kecepatan gerak tertinggi. Baumgartner juga meraih rekor skydiver yang pernah terjun dari titik tertinggi.

Baumgartner bukanlah anak bawang dalam dunia skydiving. Bersuia 43 tahun, ia telah menekuni skydiving sejak umur 16 tahun. Pria yang lahir di Salzburg, Austria, pada tahun 1969 itu mengasah keahlian terjun di kemiliteran Austria.

Beberapa potongan video aksi Baumgartner bisa dilihat melalui artikel ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.