Lego Parodikan Terjun Bebas Luar Angkasa

Kompas.com - 16/10/2012, 16:07 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Screenshot video parodi versi Lego dari aksi terjun bebas yang dilakukan Felix Baumgartner

 

KOMPAS.com - Nama Felix Baumgartner makin tersohor dengan keberhasilannya memecah rekor dunia untuk terjun bebas tertinggi. Ia melakukan terjun bebas dari stratosfer, dan kecepatan jatuhnya menembus batas kecepatan udara.

Tak hanya rekor dunia, video aksi Baumgartner yang ditampilkan secara live streaming di YouTube pun memecahkan rekor di situs berbagi video milik Google tersebut.

Dua hari setelah aksi sungguhan Baumgartner, muncul video parodi dengan tokoh dari mainan Lego. Parodi yang kocak ini menampilkan aksi tersebut dalam skala Lego.

Tentunya, karena skala Lego, terjunnya tidak sampai dilakukan dari luar angkasa. Cukup dari ketinggian "sewajarnya" sesuai ukuran mainan plastik tersebut.

Video tersebut dibuat untuk mempromosikan acara bernama Model Maker Fair yang digelar di Vienna, 25-28 Oktober 2012.Menurut pihak YouTube, aksi terjun Baumgartner (sungguhan, buka versi Lego) ditonton lewat live streaming secara bersamaan oleh 8 juta orang.

 

Jumlah tersebut, menurut Engadget, melampaui jumlah penonton acara inagurasi Presiden Obama yang juga disiarkan langsung oleh YouTube.

Dalam aksi extreme-nya, Baumgartner berhasil terjun dari ketinggian 39.044 km. Setelah naik dengan kapsul dan balon udara, ia berhasil terjun menembus kecepatan suara.

Penerjunan berjalan selama 9 menit 3 detik. Sepanjang 4 menit 20 detik dari aksi itu merupakan gerak jatuh bebas berkecepatan 1.342 km per jam atau 1,24 kali kecepatan suara.

Beberapa potongan video aksi Baumgartner juga bisa dilihat di artikel "Terjun dari Tepi Antariksa".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.