Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Kecam Pengumpulan Data Google

Kompas.com - 17/10/2012, 14:42 WIB

BBC Indonesia Google diminta memberikan informasi lebih jelas mengenai data yang dikumpulkan.

KOMPAS.com — Uni Eropa memerintahkan Google untuk mengubah cara menghimpun informasi pribadi untuk menjaga privasi para pengguna.

Sejak Maret lalu, Google menggabungkan data dari beberapa situs internet seperti YouTube dan GMail agar iklan lebih tepat sasaran.

Namun, Uni Eropa mengatakan bahwa cara tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku di Uni Eropa, dan meminta perusahaan internet Amerika Serikat itu untuk mengubahnya.

"Google mempunyai waktu selama beberapa bulan, tiga atau empat bulan, untuk mematuhi peraturan. Bila Google tidak bertindak, maka kita akan memasuki tahap penuntutan," kata Isabelle Falque-Pierrotin, Presiden CNIL, pemegang regulasi perlindungan privasi data Perancis yang memimpin penyelidikan.

Kepada para wartawan di Paris, Selasa (16/10), Isabelle Falque-Pierrotin mengatakan bahwa "sekarang kami menuntut penyesuaian" kebijakan Google. Bila Google gagal memenuhi tuntutan itu, maka "pihak berwenang di sejumlah negara bisa menempuh jalur hukum terhadap Google".

Peruntukan data

CNIL memimpin investigasi tentang kebijakan Google mengumpulkan data. CNIL memperoleh informasi dari badan-badan data di 27 negara anggota Uni Eropa, dan hari ini hasil penyelidikan diumumkan.

Google juga diminta memberikan informasi lebih jelas mengenai data yang dikumpulkan dan peruntukannya.

Menanggapi pernyataan CNIL, Google menegaskan bahwa kebijakan barunya sudah sesuai dengan peraturan Uni Eropa.

"Kebijakan privasi baru kami menunjukkan komitmen terus-menerus untuk melindungi data pengguna dan menciptakan produk berkualitas. Kami percaya kebijakan privasi kami mematuhi undang-undang Eropa," kata Google dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa, 16 Oktober.

Menurut seorang pakar privasi data Auke Haagsma dari Initiative for a Competitive Online Marketplace, banyak orang menggunakan produk Google tanpa menyadarinya.

Oleh karena itu, lanjutnya, adalah penting bagi Google untuk bersikap jujur kepada pengguna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com