Kompas.com - 27/10/2012, 09:05 WIB
EditorReza Wahyudi

Windows 7

KOMPAS.com — Saat ini, Windows 7 memang telah menjadi sistem operasi Microsoft yang paling banyak digunakan. Dengan diluncurkannya Windows 8 pada Jumat (26/10/2012), apakah dominasi dari sistem operasi Windows 7 akan berakhir?

Bagaimanakah cara agar Windows 8 bisa menang dari Windows 7? Salah satu cara yang bisa digunakan oleh Microsoft adalah dengan "memaksa" para pengguna Windows 7 untuk beralih ke Windows 8.

Untuk membuat para pengguna Windows 7 beralih ke Windows 8, Microsoft menyediakan beberapa strategi. Salah satunya adalah dengan menghadirkan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh Windows 7.

Windows 8 memang memiliki ratusan fitur baru, seperti waktu boot yang lebih cepat, mode pesawat (semua hal yang berkaitan dengan radio, seperti WiFi dan 3G akan dimatikan saat menggunakan mode ini), fungsi copy/move/paste yang diklaim lebih baik, program anti-virus bawaan (Windows Defender dengan semua fitur Microsoft Security Essentials), menggunakan gambar sebagai password, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, fungsi "mode Windows XP" yang ada di Windows 7 sudah dihilangkan di Windows 8.

Fitur Windows DVD Maker pun sudah menghilang dari Windows 8.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk melihat perbedaan antara Windows 7 dan Windows 8 dari segi fitur, silakan simak tabel di bawah ini.  

perbedaan-win7-win8

 (gambar: Into Windows)

Berita-berita seputar Windows 8 dapat disimak di liputan khusus "Windows 8".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.