Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 Rilis Juli di Paris?

Kompas.com - 26/04/2024, 08:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Samsung dirumorkan bakal menggelar acara "Galaxy Unpacked" kedua untuk tahun 2024. Bocoran terbaru menyebut bahwa Galaxy Unpacked konon akan dihelat pada 10 Juli 2024 di Paris, Perancis.

Informasi ini dilaporkan oleh sejumlah sumber yang dihimpun situs berita teknologi SamMobile. Bocoran tersebut seolah memperkuat rumor sebelumnya yang menyebut bahwa Galaxy Unpacked akan digelar pada bulan Juli 2024 di Paris.

Di sisi lain, Paris akan menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga Olimpiade Paris 2024 yang bakal berlangsung pada 26 Juli 2024 hingga 11 Agustus 2024. Samsung merupakan salah satu sponsor utama gelaran tersebut.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Galaxy Z Fold FE dan Z Flip FE, HP Lipat “Murah” Samsung

Samsung diperkirakan akan mengumumkan banyak perangkat terbarunya di ajang Galaxy Unpacked kali ini. Konon, Samsung akan mengumumkan duo ponsel lipat terbarunya, yakni Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Samsung Galaxy Z Flip 6.

Samsung Galaxy Z Fold 6 rumornya akan lebih tipis dibanding pendahulunya, dengan ketebalan diklaim hanya 11 mm ketika terlipat. Sebagai perbandingan, Samsung Z Fold 5 mempunyai ketebalan 13,4 mm ketika dilipat.

Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6Smartprix Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6
Ponsel ini diklaim akan lebih lebar dengan bingkai layar yang lebih menyiku seperti Samsung Galaxy S24 Ultra, tidak lagi melengkung seperti pendahulunya.

Bocoran spesifikasi lain yang berdar adalah chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang konon akan "mengotaki" ponsel lipat ini, baterai 4.600 mAh, tiga kamera, dan tiga variasi warna. Belum diketahui rincian dari tiga kamera dan warna tersebut.

Untuk Samsung Galaxy Z Flip 6, smartphone ini diklaim bakal memiliki layar luar (sekunder) berbentang 3,9 inci. Adapun pendahulunya Samsung Z Flip 5 memiliki cover screen seluas 3,4 inci, sedangkan Samsung Z Flip 4 dan 3 mempunyai cover screen 1,9 inci.

Bocoran desain Samsung Galaxy Z Flip 6GSMArena Bocoran desain Samsung Galaxy Z Flip 6
Samsung juga diperkirakan akan menghadirkan layar utama 6,7 inci dengan engsel (hinge) dan tata letak internal yang lebih baik, disertai sistem pendingin yang lebih besar dibanding pendahulunya.

Baca juga: Bocoran Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6, Lebih Tipis dan Punya Kamera 200 MP?

Ponsel lipat ini konon akan membawa System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 3 yang dipadu dengan RAM 12 GB. Jika rumor ini akurat, ini menjadi pertama kalinya Samsung menawarkan RAM di atas 8 GB untuk lini Samsung Z Flip.

Selain duo ponsel lipat tersebut, Samsung disinyalir akan meluncurkan Galaxy Ring di acara Galaxy Unpacked Paris. Samsung Galaxy Ring ini merupakan cincin pintar (smart ring) yang memiliki tampilan seperti aksesori atau perhiasan cincin pada umumnya.

Samsung Galaxy Ring diyakini bakal memiliki kemampuan melakukan pengukuran detak jantung dan memantau suhu. Cincin ini juga rumornya akan memiliki fitur Samsung Health sehingga berperan sebagai alat perekam kesehatan dan aktivitas olahraga pengguna.

Samsung Galaxy Unpacked Paris 2024 pun kabarnya akan memamerkan Samsung Galaxy Z Fold 6 Ultra, Samsung Z Fold 6 FE, Samsung Z Flip 6 FE, Samsung Galaxy Watch 7 series, dan Samsung Galaxy Buds 3 Pro, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Jumat (26/4/2024).

Perlu dicatat, tanggal, lokasi, produk, serta spesifikasi berbagai perangkat di atas masih bersifat bocoran saja. Sejauh ini, Samsung belum mengonfirmasi deretan rumor di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com