Kompas.com - 02/11/2012, 17:15 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Tablet berukuran 7,9 inci dari Apple, iPad Mini, terbukti menggunakan panel layar buatan Samsung, salah satu pemasok utama, pesaing kuat dalam bisnis perangkat mobile, dan musuh besar dalam sengketa paten teknologi.

Sebuah perusahaan reparasi perangkat mobile iFixit, membongkar iPad Mini dan menemukan bahwa produksi awal tablet tersebut memakai layar buatan Samsung.

"Meskipun tak ada tanda atau banyak informasi pada bagian belakang LCD, tapi terlihat ada chip driver Samsung di sana. Ini mengungkapkan bahwa Apple bekerjasama dengan Samsung untuk membuat layar," tulis iFixit dalam situs web resminya, Kamis (1/11/2012).

Menurut sejumlah analis asal Amerika Serikat, Apple sedang berusaha melepas ketergantungannya pada Samsung. Apple dikabarkan mulai mengurangi permintaan komponen dari Samsung.

Untuk komponen memori flash pada iPad Mini, Apple bekerjasama dengan SK Hynix, kontroler sentuhannya menggunakan Broadcom, dan sejumlah mikrochip dari Fairchild Semiconductor International.

Beberapa produsen perangkat mobile asal Amerika Serikat, termasuk Apple, kebanyakan bekerjasama dengan perusahaan pemasok untuk membuat beberapa komponen dalam produknya. Selain Samsung, Apple juga bekerjasama dengan LG dan Sharp untuk membuat layar.

iPad Mini menandai debut Apple dalam bisnis tablet berukuran kecil. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini membanderol iPad Mini dengan harga terjangkau, agar dapat bersaing langsung dengan Asus Google Nexus 7, Amazon Kindle Fire, dan Samsung Galaxy Tab 2 ukuran 7 inci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.