9 Tips Memanfaatkan Google Apps untuk Mahasiswa

Kompas.com - 05/11/2012, 14:07 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Wicak Hidayat/Kompas.com Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, sedang berfoto di booth Google Apps for Education dalam ICT Days di Kampus Universitas Brawijaya, Malang, Sabtu (3/11/2012).

MALANG, KOMPAS.com — Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan Google Apps bagi mahasiswa. Tentunya, hal-hal yang akan mendukung pengembangan diri mahasiswa itu.

Pepita Gunawan, Indonesian Education Lead for Google Southeast Asia, dalam seminar Google Apps for Education di Universitas Brawijaya, Malang, Sabtu (3/11/2012), mengungkapkan beberapa di antaranya.

Menurut Pepita, salah satu hal terpenting bagi mahasiswa adalah memiliki pemikiran yang kritis. Aplikasi Google bisa dimanfaatkan untuk menajamkan pemikiran kritis ini.

Tips No 1: Lakukan Diskusi dan Kolaborasi Pengerjaan Dokumen

Dengan Google Docs (di Google Drive), mahasiswa bisa mengerjakan tugas kelompok tanpa harus bersempit-sempit di depan satu komputer.

Dengannya, kita juga tak perlu lagi memiliki dokumen terpisah-pisah yang nantinya harus disambungkan secara manual.

Google Docs memungkinkan beberapa orang berkolaborasi dalam satu dokumen yang sama secara real-time. Mereka bisa saling melihat perubahan dan melakukan diskusi.

Perdebatan dalam pengerjaan tugas pun bisa tetap dilakukan meskipun anggota kelompok tidak saling bertemu.

Tips No 2: Gelar Survei "Online"

Melakukan survei, dengan cara menyebarkan kuesioner, adalah tugas yang kerap dilakukan mahasiswa. Dengan Google Forms, mahasiswa bisa menggelar survei itu secara online.

Keunggulan survei online adalah, data yang terkumpul bisa langsung diolah dan dipantau.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X