iPad Mini Dibongkar, Profit Apple Terungkap

Kompas.com - 06/11/2012, 10:34 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com Dijual dengan harga mulai dari 329 dollar AS, iPad Mini adalah perangkat tablet termurah dari Apple yang digadang-gadang menjadi lawan setanding bagi perangkat-perangkat tablet Android sejenis.

Biarpun sudah murah untuk ukuran produk Apple, berapakah ongkos produksi yang diperlukan untuk membuat sebuah iPad Mini? Pertanyaan inilah yang coba dijawab oleh IHS iSuppli. Seperti biasa, lembaga analis pasar itu membongkar gadget tersebut untuk mencari tahu berapa biaya pembuatannya.

Seusai membongkar komponen per komponen iPad Mini veri 16 GB WiFi Only, IHS iSuppli berkesimpulan bahwa biaya produksi tablet tersebut berkisar 188 dollar AS (sekitar Rp 1,8 juta).

Ini berarti Apple mengambil margin kotor sekitar 43 persen dengan menjualnya di angka 329 dollar AS (sekitar Rp 3,2 juta).

Laba bersih Apple diperkirakan sekitar 30 persen atau sekitar 100 dollar untuk tiap unit iPad Mini.

Tentu saja, hal tersebut murni hanya berlaku berdasarkan harga per komponen. Masih ada biaya-biaya lain yang belum dimasukkan dalam perhitungan.

Apple pun pernah menyatakan bahwa iPad Mini memiliki margin profit yang lebih tipis dari rata-rata produk lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu penyebabnya kemungkinan adalah layar 7,9 inci buatan LG dan AUO, yang harganya sekitar 40 persen dari keseluruhan ongkos produksi. Layar iPad Mini dibuat dengan teknologi baru yang memungkinkan pembuatan panel lebih tipis, tetapi angka produksinya masih belum sesuai harapan.

Berikut ini rincian dan perbandingan ongkos produksi tablet iPad Mini dan Surface 32 GB dari Microsoft dan Kindle Fire HD 16 GB dari Amazon.

MK-BY495-TEARDO-G-20121104191815-jpg

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.