Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2012, 13:59 WIB

KOMPAS.com – Semua orangtua sadar bahwa waktu terbang dengan cepat. Tahu-tahu anak sudah besar, padahal sepertinya baru kemarin si kecil membuat satu rumah terjaga dengan tangisannya, sekarang sudah bisa menyanyi dan berlari. Atau rasanya baru saja memasukkannya ke playgroup, sekarang Anda harus membantunya menyelesaikan perkalian.

Bila ingin bersahabat dengan anak perempuan dan selalu menjadi  tempat berceritanya, sejak kecil habiskan waktu bersamanya. Bermainlah dengan anak perempuan Anda, sebuah permainan yang dia suka .

Tahukah Anda dengan  bermain game online dengan putri Anda sebenarnya baik untuknya? Sebuah studi yang dilakukan di Brigham Young University menunjukkan bahwa anak perempuan (tapi tidak terjadi pada anak laki-laki) meningkat kedekatannya dengan keluarga ketika bermain dengan ibu mereka.

1.  Mempererat ikatan
Penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan yang bermain video game dengan orang tua mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang bermain sendiri atau dengan teman-teman. Menghabiskan waktu bersama-sama akan meningkatkan hubungan Anda, namun menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang putri Anda nikmati akan menunjukkan Anda menghargai gairah hidupnya.

2. Membangun keterampilan sosial
Anak perempuan Anda akan belajar banyak dari Anda, cara berinteraksi yang sehat melalui internet. Izinkan ia bermain game online dengan syarat Anda mendampinginya. Biarkan dia bergabung dengan Anda ketika permainan dimulai, jadilah mentornya ketika ia berkomunikasi melalui email atau bermain game online.

3. Manfaat kesehatan
Penelitian telah menunjukkan bahwa video game meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan kemampuan penglihatan. Sementara CDC mengatakan penelitian tentang manfaat kesehatan dari exergaming, seperti Wii games, tidak meyakinkan, American Heart Association justru mengatakan main game yang bergerak ini punya banyak manfaat. Khususnya Dance Central dan Kinect Sports Tinju, telah terbukti meningkatkan pengeluaran energi pada anak-anak dan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan aktivitas fisik.

4. Pemecahan masalah dan pengembangan pemikiran strategis
"Meskipun ada banyak permainan yang menempatkan fokus pada strategi, sebagian game bertitik berat pada bagaimana pemain mencari cara berhasil mencapai tujuan tertentu. Pemain juga mendapatkan umpan balik instan pada keputusan mereka dan dengan cepat bisa mempelajari kekuatan dan kelemahan mereka sendiri , "jelas Monica Vila, TheOnlineMom.com.

5. Gambaran Kehidupan Nyata
"Salah satu alasan seperti permainan Shopaholic dan Sara’s Cooking Class begitu populer adalah karena mereka memberi sarana untuk mengeksplorasi kehidupan yang mirip dengan kehidupan nyata. Dalam lingkungan yang aman tentunya,” kata Kuijpers Dieneke dari GirlsGoGames.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com