Menjajal Ponsel "Full Touch" BlackBerry 10

Kompas.com - 04/12/2012, 11:49 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perangkat BlackBerry 10 yang akan diluncurkan akhir Januari tahun depan adalah tumpuan harapan Research in Motion (RIM) selaku pembuatnya untuk bangkit kembali di tengah-tengah industri mobile yang kini didominasi perangkat iOS dan Android.

Salah satu perangkat BlackBerry 10 yang menggunakan interface full-touch screen diposisikan langsung melawan iPhone 5 dan Galaxy S III.

Untuk melawan duo smartphone terpopuler sejagat tersebut, RIM pun melengkapi BlackBerry 10 dengan sejumlah fitur unggulan. Apa saja? Ikuti hasil penelusuran Kompas Tekno dengan perangkat BlackBerry 10 DevAlpha Rev B di arena BlackBerry Jam Asia 2012 yang berlangsung di Bangkok, Thailand, 29-30 November lalu.

Sebelum itu, perlu dicatat bahwa perangkat BlackBerry 10 DevAlpha Rev B bukanlah perangkat BlackBerry 10 versi final sehingga bentuk fisik serta software miliknya belum tentu menggambarkan keadaan sebenarnya dari BlackBerry 10 nanti.

Bentuk Fisik

BB10_hands_on-7
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Dilihat sekilas, perangkat BlackBerry DevAlpha Rev. B ini memiliki bentuk khas smartphone touch screen dengan layar lebar dan sedikit tombol fisik yang diletakkan di sisi atas dan pinggiran perangkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BB10_hands_on-8
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Body perangkat berbentuk kotak dengan sudut-sudut tegas. Tulisan "Dev Alpha B" yang menandakan bahwa perangkat uni bukan produk final tertera di sisi bawah.

BB10_hands_on-17
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Untuk unit kamera, ada dua buah masing-masing di bagian muka dan bagian sisi belakang yang dilengkapi dengan LED flash.

BB10_hands_on-18
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Interface

BB10_hands_on-9
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Sistem operasi BlackBerry 10 pada perangkat BlackBerry DevAlpha Rev. B ini masih dipoles terus menerus oleh RIM. Perangkat yang dicoba oleh KompasTekno di Bangkok pun belum menerapkan update terbaru yang memasukkan tampilan icon berbeda.

BB10_hands_on-14
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Tampilan icon pada perangkat ini masih berbentuk frame kotak-kotak yang terlihat kaku, membingkai gambar dan keterangan icon.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.