Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PILGUB JATIM

Buchori Tegas Tolak Khofifah Jadi Cagub PDIP

Kompas.com - 06/12/2012, 11:00 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Setelah meminta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur untuk tidak mengusung Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2013, Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDI P Jatim HM Buchori memastikan PDIP tak akan memberangkatkan Khofifah.

"PDIP tak akan dukung Khofifah. Saya siap pasang badan agar PDIP tidak memilih Khofifah," ujar Buchori yang juga Wali Kota Probolinggo, Kamis (6/12/2012).

PDIP, lanjutnya, cenderung memilih Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf untuk didukung menjadi calon gubernur. Pertimbangannya, Gus Ipul adalah kader NU dan tidak punya cacat pada PDIP. Apakah bisa dipastikan 100 persen PDIP akan mendukung Gus Ipul? "Kita lebih interest pada Gus Ipul," jawab Buchori.

Buchori terang-terangan menolak Khofifah karena pada Pilpres 2009 tidak mendukung Megawati Soekarnoputri. Padahal, pada Pilgub Jatim 2008 lalu PDIP mati-matian berupaya memenangkannya.

Buchori mengaku juga "berdarah-darah" memenangkan Khofifah saat putaran ketiga di Madura. "Saya berusaha baik kepada semua orang, tapi dia tidak konsisten. Saya menjunjung konsistensi. Orang yang tidak menepati janji adalah orang yang tidak punya agama, ini Hadits Nabi," tegasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com