Kompas.com - 13/12/2012, 19:25 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com/Deliusno Lenovo IdeaCentre Q190

JAKARTA, KOMPAS.com – Lenovo menghadirkan desktop PC full-function terkecil di dunia. Perangkat yang dinamakan IdeaCentre Q190 ini memiliki lebar hanya 22mm atau sekitar 0.86 inci. Dengan bentuknya yang mungil ini, pengguna bebas meletakkan perangkat ini di mana saja, tanpa harus takut kehabisan tempat.

Selain berfungsi sebagai perangkat PC biasa, IdeaCentre Q190 juga bisa menyulap perangkat TV menjadi SmartTV. Dengan menghubungkan perangkat tersebut ke TV, pengguna sudah bisa berselancar di dunia maya dan menjalankan aplikasi, mirip dengan apa yang ditawarkan SmartTV.

Lantas, apa yang membedakan Q190 dengan SmartTV?

“Lenovo IdeaCentre Q190 ini memiliki spesifikasi yang kencang sehingga proses penggunaan akan berjalan lancar. Sedangkan, SmartTV biasanya tidak pakai spesifikasi yang tinggi, terkadang terkesan lemot,” jelas Julius Tjhin, 4P & Distribution Manager – Conusmer Business Lenovo Indonesia, saat berbincang dengan KompasTekno di Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Selain itu, Lenovo IdeaCentre Q190 ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang mendukung kegiatan multimedia, seperti grafik full-HD, 7.1 surround sound, dan pemutar Blu-ray (opsional).

Perangkat desktop PC ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3 generasi ke-3, Ivy Bridge; RAM hingga 4GB; dan media penyimpanan berkapasitas 1TB.

Untuk terhubung ke internet, pengguna tidak akan direpotkan dengan masalah kabel. IdeaCentre Q190 ini sudah dipersenjatai dengan WiFi, megizinkan pengguna mengakses internet secara nirkabel.

IdeaCentre Q190 juga sudah dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup lengkap, seperti USB 2.0, USB 3.0, HDMI, dan card reader 6 in 1.

Sayangnya, desktop PC mungil ini belum dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 8. Untuk penjualannya di wilayah Indonesia, IdeaCentre Q190 baru dilengkapi dengan Windows 7 versi Home Premium.

Lenovo IdeaCentre Q190 akan mulai hadir pada awal Januari 2013 mendatang. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp4.849.000. Dengan harga tersebut, selain mendapatkan satu unit Q190, pengguna juga akan diberikan sebuah layar monitor berukuran 18,5 inci, keyboard, dan mouse.

 

KOMPAS.com/Deliusno

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.