Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2012, 09:27 WIB
EditorReza Wahyudi

Tampilan toko aplikasi Telkomstore

BANDUNG, KOMPAS.com - Telkomstore merupakan pasar aplikasi yang disiapkan Telkom untuk bersaing dengan pasar yang sudah mapan seperti Google Play Store maupun Apple App Store.

Saat ini, Telkomstore tengah mempersiapkan diri untuk beroperasi dengan menggandeng pengembang aplikasi lokal. Kartu As mereka dalam memenangi persaingan tersebut terletak pada mekanisme pembayaran melalui pemotongan pulsa.

Telkomstore diresmikan pada bulan Oktober 2012 dan saat ini masih sibuk melengkapi koleksi aplikasi dengan menggandeng para pengembang, salah satunya dengan menggelar lomba pembuatan aplikasi. Demikian penuturan Service Creation Group PT Telekomunikasi Indonesia, Bernadetta Raras Indah Rosari, sewaktu ditemui di Bandung, Jumat (14/12/2012).

"Saat ini baru ada 600 konten mulai dari aplikasi hingga, wallpaper, hingga nada sambung. Tahun ini kami merencanakan jumlahnya mencapai 1.000 lebih," kata Raras.

Sewaktu disambangi di alamat telkomstore.com, tampilannya terbilang sederhana bila dibandingkan dua pasar yang sudah mapan. Beberapa konten yang dipilah berdasarkan kategori ada di halaman utama sementara pada kolom sebelah kanan terdapat tautan kepada 20 kategori. Sayangnya, belum semua kategori ada isinya, bahkan ada kategori yang hanya memiliki satu buah konten.

Beberapa konten yang tersedia masih terbilang standar. Meski sempat terlihat game buatan Altermyth Studio, Majumaru, yang ditawarkan dengan harga Rp 5.000 untuk sekali unduh.

Beberapa aplikasi yang tersedia di Telkomstore

 

Raras menjelaskan, beberapa bulan sesudah diluncurkan, pihaknya masih berkonsentrasi untuk memperkenalkan Telkomstore kepada para pengembang. Setelah jumlahnya dianggap mencukupi, barulah pihaknya berkonsentrasi memperkenalkan pasar ini kepada konsumen.

Untuk sementara, Telkomstore baru bisa diakses pengguna Telkom Flexi maupun Telkomsel, serta Telin Hongkong. Telkomstore, lanjut Raras, merupakan upaya menggabungkan pasar aplikasi yang semula dimiliki masing-masing produk Telkom.

Potong pulsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.