Cara Cepat "Install Ulang" Windows 8

Kompas.com - 20/12/2012, 15:31 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Windows 8 hadir dengan tampilan yang benar-benar baru. Tampilan awalnya yang disebut Start Screen pun terlihat segar. Namun, banyak pengguna Windows versi sebelumnya yang belum familiar dengan tampilan baru ini.

Untuk pengguna yang baru pun diperlukan waktu beberapa lama untuk membiasakan diri dengan cara kerja sistem operasi teranyar Microsoft tersebut.

Berikut ini lima tips yang bisa membantu mengenali sistem operasi Microsoft ini.

1. Instalasi Ulang Windows

Inilah fitur yang akan terasa berguna apabila ada yang salah dengan sistem. Windows 8 memiliki dua rutin install ulang baru. Tools ini bisa diakses dari halaman "Change PC Settings", klik tombol " Windows + C" lalu klik "Settings").

techradar.com


Dari halaman "PC settings", arahkan ke menu "General". Di sana terdapat pilihan "Remove everything and reinstall Windows".

Fitur ini berbeda dari sebelumnya, untuk melakukan instalasi ulang Windows 8, pengguna tak perlu repot-repot mencari disc driver atau serial code karena semua hal yang diperlukan sudah tersedia, tersembunyi dalam hard disk.

Mengembalikan komputer seperti keadaan awalnya pun dibuat sangat mudah dengan hanya beberapa kali klik.

Sebagai pilihan lain, pengguna bisa memilih opsi "Refresh your PC without affecting your files" yang akan mengembalikan konfigurasi sistem operasi ke setting awal dengan tetap mempertahankan dokumen, pengaturan, program pre-installed, serta aplikasi yang dipasang pengguna.

2. Shortcut Keyboard

Tampilan baru Windows 8 sangat sesuai untuk perangkat baru yang memiliki touchscreen, namun bagaimana dengan laptop atau desktop lawas yang tak dibekali kemampuan itu? 

Halaman:
Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X