Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik SMS, Telepon, dan Internet Selama Natal 2012

Kompas.com - 27/12/2012, 11:56 WIB

KOMPAS/RIZA FATHONI Petugas memperbaiki menara BTS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan operator seluler di Indonesia menambah kapasitas layanan seluler dan internet untuk melayani pelanggan selama momentum Natal tahun 2012. Terjadi lonjakan trafik SMS, voice (telepon), dan data (internet) selama Natal tahun ini.

Menurut pantauan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), secara umum seluruh layanan telekomunikasi masih dalam kondisi yang cukup baik. Ada sejumlah keluhan yang muncul adalah benar, namun tidak terlalu signifikan dan jumlahnya tidak terlalu besar.

Tiga operator seluler besar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata, telah melaporkan trafik layanan SMS, voice, dan data selama momentum Natal kepada Kemenkominfo. Berikut laporan yang dikutip KompasTekno dari siaran pers Kemenkominfo:

Data trafik Telkomsel selama Natal 2012

 
-Peningkatan trafik voice tertinggi terjadi di wilayah Jawa Barat, dengan lonjakan trafik hingga 5% dari hari normal
- Peningkatan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur (lonjakan trafik hingga 52.63% dari hari normal)
- Peningkatan trafik data tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah (lonjakan trafik hingga 47% dari hari normal).

Data trafik Indosat selama Natal 2012

 

-Layanan voice mengalami kenaikan sebesar 4,21% dibandingkan kondisi normal harian di tahun 2012, dan juga naik sebesar 21,18% dibandingkan H-1 sebelum Natal tahun 2011
- Untuk pengiriman SMS mengalami kenaikan sebesar 9,28% dibandingkan kondisi harian dan juga naik sebesar 10,46% dibanding H-1 Natal tahun lalu
- Konsentrasi kenaikan trafik layanan telekomunikasi fokus ke arah Kalimantan (31,63%), Sumatera Selatan (25,50%), dan Jawa Timur (2,86%)
- Kenaikan trafik SMS yang paling signifikan adalah di daerah Sumatera Selatan (35,72%), Kalimantan (23,15%), dan Jawa Timur (11,51%)

Data trafik XL Axiata selama Natal 2012

-Trafik layanan voice relatif stabil. Layanan data justru mengalami peningkatan paling signifikan mencapai sekitar 11,8%. Adapun trafik layanan SMS relatif tidak mengalami peningkatan, yang bisa diartikan bahwa pelanggan mulai beralih memanfaatkan layanan data/media sosial, seperti Facebook, Twitter dan media sosial lainnya, dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan Natal

- Konsentrasi peningkatan trafik terjadi secara merata di berbagai wilayah dan kota diantaranya di Bogor, Jayapura, Kendari, Tebing Tinggi Deli, Jakarta dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com