Kompas.com - 02/01/2013, 14:44 WIB
EditorReza Wahyudi

MicrosoftMicrosoft Office 2013

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, dalam sebuah wawancara, kepala unit Enterprise Google Amit Singh sesumbar bahwa Google bisa merebut 90 persen pengguna Microsoft Office dengan rangkaian aplikasi dan jasa cloud miliknya.

Akan tetapi, sebelum bisa menarik hari para pengguna Office, target ambisius yang dicanangkan Google itu agaknya harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Seperti dikutip dari GeekWire, Google saat ini sedang membuka sejumlah lowongan kerja. Menariknya, salah satu syarat yang disebutkan adalah para calon pegawai harus menguasai Microsoft Office. Padahal, aplikasi perkantoran populer inilah yang hendak dikalahkan oleh Goolge melalui Apps miliknya.

Lowongan "YouTube Product Specialist", misalnya, mensyaratkan pelamar memiliki "kemampuan modeling dengan Microsoft Excel (pivot table, macro, dan lainnya.) serta keterampilan PowerPoint berikut pengalaman dalam bidang database (SQL, Microsoft Access, dll)".

Ada pula lowongan Insights and Innovation Analyst yang mengharuskan calon tenaga kerja mempunyai "keahlian dengan alat analisa dan presentasi, termasuk Excel (pivot tablet, grafik, dan functions) dan Power Point".

Adanya persyaratan-persyaratan tersebut menyiratkan kesan bahwa Google sendiri masih menganggap Office sebagai standar de facto, bertolak belakang dengan keinginan Google untuk mengalahkan Microsoft.
 
Soal ini, seorang pegawai Roche -perusahaan yang memakai produk Google- berkomentar, "Saya pikir masih banyak perusahaan yang memerlukan Microsoft Excel- sebagian besar dari kami sering memakai banyak fungsi yang tidak tersedia di Google Spreadsheet."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.