Kompas.com - 03/01/2013, 17:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAs.com - Kerja sama produksi komponen prosesor perangkat mobile antara Apple dan Samsung sepertinya akan segera berakhir. Apple berencana memindahkan produksi prosesor untuk iPad, iPhone, dan iPod Touch, kepada perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Samsung saat ini memproduksi prosesor perangkat mobile Apple dengan proses fabrikasi 32 nanometer (nm). Menurut laporan surat kabar Taiwan, The Commercial Times, Rabu (2/1/2013), Apple akan mengalihkan produksi prosesor perangkat mobile dengan proses fabrikasi 28 nm ke TSMC. Proses fabrikasi 28nm ini memberi manfaat hemat daya.

Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs itu berencana mempekerjakan pekerja dalam jumlah besar untuk memproduksi prosesor iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Selain TSMC, Apple dikabarkan juga akan bekerja sama dengan Unimicron Technology Corporation, perusahaan asal Tawain lainnya yang juga memproduksi prosesor.

Unimicron sudah menyiapkan fondasi dasar untuk memproduksi prosesor seri A dari Apple yang berarsitektur ARM. Saat ini, Apple sedang menguji kemampuan produksi prosesor dari Unimicron dan telah menyetujui beberapa tes skala kecil.

Prosesor A6 yang dipakai iPhone 5, dan prosesor A6X yang dipakai iPad generasi 4, keduanya didesain oleh Apple dan diproduksi oleh Samsung di sebuah pabrik di Austin, negara bagian Texas, Amerika Serikat. Pabrik itu memiliki luas 9 kali lapangan sepakbola.

Samsung merancang pabrik ini khusus untuk memproduksi chip non memory dan NAND flash memory. Sebanyak 1.100 pekerja dikerahkan untuk memproduksi chip non memory, dan 1.300 pekerja lagi untuk memproduksi NAND flash memory.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hubungan Apple dengan Samsung terus memanas seiring sengitnya sengketa hak paten desain dan teknologi software sejak 2010 lalu. Keduanya saling gugat di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.