Kompas.com - 06/01/2013, 15:47 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Agar dapat terus bersaing dengan Samsung, banyak analis menyarankan Apple untuk meluncurkan iPhone dengan layar lebih kecil atau bisa disebut sebagai iPhone mini. Mengapa?

Tingginya harga iPhone saat ini memang masih menjadi salah satu alasan utama konsumen enggan beralih ke smartphone buatan Apple tersebut. Dengan layar lebih kecil, harga produksi dijamin akan berkurang dan Apple bisa menghadirkan iPhone dengan harga lebih terjangkau.

"Kami pikir Apple akan meluncurkan 'iPhone mini' di titik poin tertentu dalam tiga tahun ke depan untuk memenuhi kebutuhan ratusan juta pengguna global yang tidak mampu membeli seri iPhone saat ini," kata Neil Mawston, Executive Director Strategy Analytics, seperti dikutip dari Ubergizmo, Minggu (6/1/2013).

Namun, jangan berharap melihat iPhone mini dalam waktu dekat, paling cepat baru akan dilakukan Apple pada 2014. Masih tingginya keuntungan Apple yang didapat dari iPhone 5 membuat perusahaan yang berpusat di Cupertino belum melirik opsi menghadirkan iPhone mini tahun ini.
                                                 
Strategy Analytics memprediksi penjualan yang dilakukan Samsung pada tahun 2013 akan unggul 35 persen dari Apple. Hal ini disebabkan luasnya lini produk Samsung.

Strategy Analytics meramalkan Samsung akan menjual 290 juta smartphone tahun ini, meningkat dari 215 juta pada tahun lalu. Apple diduga akan menjual 180 juta iPhone tahun ini, naik 33 persen dari tahun lalu.

"Hal ini akan memberikan Samsung 33 persen market share dari pasar smartphone pada 2013, naik dari estimasi tahun lalu, yaitu 31 persen. Apple akan memegang 21 persen, lawan 20 persen dari tahun lalu," tambah Strategy Analytics.                                                                      

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.